UM Metro Siapkan Tutor Penyusunan RPS Berbasis Profetik Profesional

UM Metro Siapkan Tutor Penyusunan RPS Berbasis Profetik Profesional

UM Metro – Setelah Statuta Universitas Muhammadiyah (UM) Metro resmi ditandatangani oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah pada akhir tahun 2020 lalu dengan menghadirkan visi baru yang berbunyi “Pusat Keunggulan Profetik Profesional, Modern dan Mencerahkan,” UM Metro kini mulai menggagas penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang sejalan dengan visi baru tersebut.

Langkah awal yang diambil yakni dengan menjalankan pelatihan tutor penyusunan RPS berbasis Profetik Profesional dengan melibatkan tim task force UM Metro yang tak lain adalah penggagas visi UM Metro sebagai pemateri, Kamis (16/09/2021).

Mereka adalah guru besar UM Metro yang juga menjabat ketua PWM Lampung Prof. Dr. Marzuki Noor, M.S., Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UM Metro Prof. Dr. Enizar, M.Ag., Bendahara BPH UM Metro Dr. M. Samson Fajar, M.Sos.I., Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Agus Sujarwanta, M.Pd., Wakil Rektor Bidang AIK dan Kerja Sama Dr. M. Ihsan Dacholfany, M.Ed., dan Ketua LPPM UM Metro Dr. Achyani, M.Si.

Rektor UM Metro Drs. H. Jazim Ahmad, M.Pd. menerangkan RPS berbasis Profetik Profesional menjadi keniscayaan di UM Metro.

“Dengan adanya visi baru, maka RPS yang ada harus menyesuaikan. RPS berbasis Profetik Profesional menjadi standar untuk kegiatan pembelajaran di UM Metro di mana setiap RPS wajib mengandung kutipan ayat Al-Qur’an atau pun Hadits sebagai dasar yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran tentunya sesuai dengan bidang masing-masing,” terang Jazim.

Jazim juga menuturkan pelatihan ini menargetkan perwakilan Fakultas dan Program Studi dapat menjadi pioneer untuk menggagas RPS berbasis Profetik Profesional di Prodi masing-masing.

“Pelatihan tutor hari ini adalah menyamakan persepsi sekaligus menyiapkan pendamping penyusunan RPS berbasis Profetik Profesional di Prodi masing-masing. Kegiatan ini bersifat stimulus, selebihnya silahkan Fakultas atau Prodi yang menggodoknya dengan menggunakan pagu masing-masing. Langkah awal, minimal setiap dosen telah memilikis setidaknya satu RPS berbasis profetik professional,” sambung Ketua Tapak Suci Putera Muhammadiyah Wilayah Lampung tersebut.

Sebagai informasi, pelatihan tutor ini menghadirkan Dirketur Program Pascasarjana, Dekan, Wakil Dekan bidang Akademik, Ketua Program Studi dan perwakilan dosen di lingkungan UM Metro sebagai peserta. (Bungsudi)