UM Metro Sambut Tax Goes to Campus KPP Pratama Metro

UM Metro Sambut Tax Goes to Campus KPP Pratama Metro

UM Metro – Universitas Muhammadiyah Metro jadi tuan rumah Tax Goes to Campus KPP Pratama Metro, Selasa (15/11/2022). Kegiatan ini mengusung tema “Generasi Muda Sadar Pajak Wujud Bela Negara.”

Doddy Muhtar Affandi, S.H., M.Si. sebagai Kepala KPP Pratama Metro menuturkan bahwa pentingnya pajak bagi pembangunan Indonesia.

“Mudah-mudahan acara ini bermanfaat bagi kita semua, seperti kita ketahui salah satu misi Jenderal pajak saat ini adalah menghimpun pajak untuk pembangunan negara,” terangnya saat memberikan sambutan pembuka.

Ia juga berharap, mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan baru mengenai jenis-jenis pajak.

“Mudah-mudahan acara ini dapat memberikan kita pengetahuan baru tentang Pajak. Karena pajak itu ada banyak jenisnya,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan Umum Suyanto, S.E., M.Si., Akt., CA., ACPA., CRA. menerangkan pajak memiliki fungsi yang sangat fundamental terhadap pembangunan negara.

“Secara garis besar mungkin dua yang paling fundamental yang pertama sebagai dana atau sumber pendapatan pemerintah. Tadi sebagaimana disampaikan, pendapatan dari pajak itu bisa mencapai 80%. Pemerintah dalam hal ini sumber pendapatannya masih dari pajak,” katanya.

Ia berharap, sivitas akademika dapat memahami informasi perpajakan dengan baik.

“Makanya sebagai institusi Pendidikan juga sebagai mahasiswa, saya kira perlu memahami perpajakan sehingga bisa memberikan pengaruh terhadap sikap, kemudian prilaku, sampai pada ketaatan kita terhadap peraturan perpajakan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Akuntan Asia Tenggara ini juga menjelaskan, keberadaan pajak dapat membawa kesejahteraan ekonomi dan sosial.

“Yang kedua, pendapatan perpajakan juga berfungsi sebagai alat untuk mengatur kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan ekonomi atau pun sosial. Nah sebagai pengatur inilah, pemerintah akhirnya bisa memiliki andil besar terhadap pembangunan juga kesejahteraan yang itu kita menikmatinya tidak secara langsung,” tukasnya.