UM Metro Sambut 17 Mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 2 Tahun 2022

UM Metro Sambut 17 Mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 2 Tahun 2022

Universitas Muhammadiyah (UM) Metro merupakan salah satu kampus yang menjadi target mahasiswa luar dalam program pertukaran mahasiswa. UM Metro sendiri sudah kedua kalianya menjadi PT Penerima untuk kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2022.

Program ini merupakan salah satu kegiatan KEMDIKBUD RISTEK Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dimana mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih atau berkuliah ditempat yang berbeda secara daring maupun luring.

Setidaknya ada 17 mahasiswa yang sudah menjadikan UM Metro sebagai kampus tempat mereka belajar yang disambut dalam seremoni penerimaan mahasiswa Program Pertukaran Pelajar pada Senin (5/9/2022) di Aula Gedung HI UM Metro.

Ke-17 mahasiswa ini tersebar di 11 kampus seperti Universitas Ibn Khaldun 1 orang, Universitas Galuh 1 orang, Universitas Alma Ata 2 orang, Universitas Muhammadiyah Semarang 1 orang, Universitas PGRI Yogyakarta 2 orang, STKIP PGRI Pacitan 1 orang, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang 2 orang, IKIP Budi Utomo 3 orang, Universitas Muhammadiyah Gresik 1 orang, Universitas Hasanuddin 1 orang, dan Universitas Muhammadiyah Kendari 1 orang.

Dalam hal ini, Syaifudin Latif Darmawan, M.Pd. selaku penanggung jawab kegiatan Pertukaran Mahasiswa di UM Metro menyampaikan bahwasanya program ini akan berlangsung selama 6 bulan kedepan hingga akhir Desember mendatang.

“Adik-adik akan mengikuti program ini selama 6 bulan kedepan hingga akhir Desember dan diwajibkan untuk menempuh 20 SKS selama pelaksanaan dengan rincian 16 SKS mata kuliah wajib dan 4 SKS untuk mata kuliah modul nusantara”, jelasnya.

Perlu diketahui, dengan menempuh mata kuliah modul nusantara mahasiswa diharapkan mahasiswa dapat mengeksplor adat budaya setempat.

Disisi lain, dalam sambutannya Wakil Rektor 1 bidang Akademik Dr. Agus Sujawanta, M.Pd. menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Mahasiswa Inbound Program PMM.

“Saya mewakili Rektor UM Metro, ingin mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada adik-adik karena telah menjatuhkan pilihannya di UM Metro untuk pelaksanaan program pertukaran ini”, kata Agus.

Lebih lanjut, beliau juga menyampaikan program pertukaran mahasiswa di UM Metro akan dilaksanakan secara luring.

“Alhamdulillah tahun ini untuk pelaksanaan pertukaran akan dilaksanakan secara luring. Kepada adik-adik yang telah disebutkan namanya tadi, pada dasarnya kami menyambut dengan bangga.

Tidak hanya itu, Agus menerangkan akan memfasilitasi kegiatan pembelajaran dengan maksimal.

“Kami akan berupaya memfasilitasi dengan maksimal bersama Bapak/Ibu dosen dan pengelola tentunya. Kita juga selalu berharap, selama pelaksanaan program mahasiswa dapat memperoleh pengalaman yang berharga sehingga dapat diimplementasikan di kemudian hari,” tambahnya.

Pada akhir sambutannya, Agus berharap selama mengikut program ini, mahasiswa dapat bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan kegiatan non pembelajaran guna menyalurkan minat bakat serta menjalin kedekatan dalam proses penerapan nilai nilai bersosialisasi selama berada di kampus tujuan.