Tiga Mahasiswa UM Metro Juara Harapan I Lomba Cipta Gerak dan Lagu PAUD Tingkat Nasional

Tiga Mahasiswa UM Metro Juara Harapan I Lomba Cipta Gerak dan Lagu PAUD Tingkat Nasional

UM Metro – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (UM) Metro berhasi meraih juara harapan 1 dalam Lomba Cipta Gerak dan Lagu Tingkat Nasional pada Olimpiade PG PAUD 2021, Selasa (13/07/2021).

Mereka adalah Lati Nurliana Wati Fajzrina yang tengah duduk di semester 8, Eka Septiana di semester 6, dan Baity Nisrina Salsabila di semester 4. Ketiganya mengaku mengikuti olimpiade yang diseleggarakan oleh Universitas Islam Bandung (Unisba) untuk seluruh mahasiswa dan Guru PG PAUD se-Indonesia.

Lati menerangkan kegiatan yang diikuti adalah menciptakan gerak dan lagu dengan tema “Kebiasaan Baru” yang mengandung makna bahwa dalam masa pandemic covid ini.

“Kami mengedukasi anak-anak dan masyarakat umum melalui gerak dan lagu untuk selalu melakukan kegiatan sehari-sehari dengan selalu menjaga kebersihan, menjaga jarak, serta kebiasaan-kebiasaan baru lainnya yang harus diterapkan,” ujarnya.

Menurutnya lomba ini dilaksanakan secara daring dengan alur pendaftaran pada 28 Juni 2021 dan pengumpulan karya pada tanggal 7 Juli 2021, serta pengumuman pemenang lomba pada tanggal 13 Juli 2021.

“Jumlah peserta yang mengikuti lomba cipta gerak dan lagu ini secara keseluruhan kurang lebih berjumlah 50 orang dan terdiri dari seluruh universitas yang ada di Indonesia,” tambahnya.

Lebih lanjut Lati dan dua temannya merasa penuh syukur atas perolehan prestasi yang membanggakan tersebut.

“Alhamdulillah dengan mengucap rasa syukur karena telah mendapatkan juara harapan 1, kami bisa membuat bangga Prodi kami tercinta PIAUD Fakultas Agama Islam UM Metro kembali dan khususnya sangat mengapresiasi diri kami serta membuat kebanggaan tersendiri bagi keluarga.

Dan alhamdulillah meskipun kami juara harapan 1 tetapi tidak membuat kami putus semangat dan terus lebih termotivasi lagi tentunya dalam berkreasi yang lebih kreatif dan inovatif lagi kedepannya dalam menggali potensi-potensi yang lebih dalam lagi,” lanjut Lati.

Senada dengan Lati, Eka menjelaskan prestasi tersebut merupakan buah atas semangat dan kerja sama dari tim.

“Motivasi kami yang melandasi untuk mengikuti lomba ini karena dari dalam diri kami sendiri yang sama-sama mempunyai semangat dalam mengikuti setiap kegiatan atau event. Serta untuk mengasah kemampuan dan bakat yang mungkin kami miliki supaya tidak terpendam dan bisa menghasilkan suatu karya yang dapat bermanfaat bagi semua terutama pada diri kami,” tutur Eka.

Menurutnya, prestasi ini akan menjadi bukti bahwa kualitas pembelajaran di Prodi PIAUD memiliki kualitas yang tak diragukan.

“Selain itu kami ingin membuat bahwa Prodi PIAUD Fakultas Agama Islam UM Metro meskipun termasuk Prodi baru tetapi kami mampu menunjukkan bahwa kami memiliki kemampuan dalam bersaing seperti yang lain dan bisa membawa nama baik bagi Prodi PIAUD dan juga Fakultas Agama Islam serta Universitas Muhammadiyah Metro, sekaligus sebagai ajang promosi agar masyarakat mengetahui potensi-potensi dari Mahasiswa Prodi PIAUD Fakultas Agama Islam UM Metro yang tidak hanya bersaing dalam lingkup kecil tetapi bisa sampai ke nasional,” kata Eka.

Sementar Baity berharap mahasiswa UM Metro khususnya Prodi PIAUD Fakultas Agama Islam mampu membuat bangga sivitas akademika UM Metro melalui potensi yang dimiliki masing-masing.

“Semoga hal ini dapat memberikan motivasi dan semangat untuk Mahasiswa PIAUD agar terus berkarya di dalam maupun di luar kampus, dari regional bahkan ke jenjang internasional. Dan dengan adanya pencapaian ini, kami akan mengembangkan kemampuan mahasiswa melalui pembinaan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Metro,” tukasnya. (Bungsudi)