Tausiyah Dosen KPI UM Metro dalam Acara Himpunan Mahasiswa Akuntansi

Tausiyah Dosen KPI UM Metro dalam Acara Himpunan Mahasiswa Akuntansi

UM Metro – Keluarga besar Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) UM Metro adakan buka puasa bersama dan santunan anak yatim. Acara digelar di aula gedung Humas dan Internasional Kampus I UM Metro, Kamis (23/5/2019).

Ustadz Samson Fajar, M.Sos.I., dosen sekaligus penyampai tausiyah dalam acara ini banyak meyoroti masalah ibadah di bulan suci ramadan, salah satunya tentang kewajiban seorang muslim terhadap sesama, terutama dalam hubungannya dengan anak yatim.

“Dalam potongan surat Al-Maa’uun Allah berfirman, Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama. Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin,” tuturnya.

Lebih jauh ia juga menyampaikan bahwa perkara mengurusi anak yatim rupanya bukan tanggung jawab lembaga atau panti asuhan saja, tetapi menurut dosen Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UM Metro itu, mengurus anak yatim juga bagian dari tanggung jawab perorangan.

“Kalau kita gambarkan a ra`aita, ta dalam bahasa arab itu tunggal. Jadi mengurusi anak yatim itu kewajiban personal, makanya Rasulullah sampaikan, barang siapa yang ingin rumahnya dipenuhi dengan kebahagiaan, rejeki yang barokah, maka hendaklah mengurusi anak yatim,” jelasnya di hadapan mahasiswa HMA dan puluhan anak yatim di aula gedung HI UM Metro.

Tausyiah petang itu ia tutup dengan ajakan kepada jamaah untuk memperbanyak ibadah dan amal sholeh. Terutama berinfaq di bulan suci ramadan, karena menurutnya salah satu ciri orang yang bertaqwa adalah mau beramal diwaktu lapang maupun sempit.

Diketahui, acara buka puasa bersama dan santunan anak yatim yang digagas oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) UM Metro, dihadiri oleh dosen, mahasiswa akuntansi lintas angkatan dan puluhan anak yatim dari salah satu panti asuhan yang terdapat di Kota Metro. (Nas/Hum).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *