Sambut Pelaksanaan KKN, Dr. Achyani Nilai Mahasiswa Akan Belajar Kecerdasan Sosial

Sambut Pelaksanaan KKN, Dr. Achyani Nilai Mahasiswa Akan Belajar Kecerdasan Sosial

UM Metro – Ketua Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah (UM) Metro Dr. Achyani, M.Si. menerangkan tujuan KKN ini akan menjadi tempat mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan softskill.

Hal ini terungkap dalam kegiatan sosialisasi panduan Badan Pengelola Kuliah Kerja Nyata (KKN), Selasa (14/12/2021) di aula Gedung HI kampus setempat.

“Ada hal yang perlu kita perhatikan saat ini, kemampuan kognitif mahasiswa mungkin sudah banyak dibekali selama duduk di bangku kuliah, namun untuk softskill khususnya di bidang afektif perlu dimaksimalkan melalui pelaksanaan KKN ini,” kata Achyani.

Achyani menilai selama melangsungkan KKN, mahasiswa akan banyak belajar mengenai kecerdasan sosial.

“Mahasiswa akan belajar bagaimana membaca situasi dari perasaan orang-orang dan konten sosial yang memengaruhi orang lain, menunjukkan sikap percaya diri, kemampuan berperilaku jujur dan tulus, bertutur kata dengan jelas dan sopan sehingga mampu dimengerti oleh orang lain (attitude), dan merasakan apa yang dirasakan orang lain (empathy) selama melangsungkan KKN di masyarakat,” tambahnya.

Selain itu menurutnya mahasiswa akan banyak belajar bagaimana meningkatkan kinjerja dengan baik untuk mengentaskan program mereka dengan bekerja sama dan ulet.

Kegiatan sosialisasi ini turut menghadirkan Wakil Rektor I bidang Akademik Dr. Agus Sujarwanta, M.Pd dan Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LPPM UM Metro Riswanto, M.Pd.Si. yang juga sebagai pemateri.