S2 Pendidikan Biologi UM Metro Eksplor Objek Penelitian di Lampung Barat

S2 Pendidikan Biologi UM Metro Eksplor Objek Penelitian di Lampung Barat

UM Metro – Minggu (06/10), Program Studi Pendidikam Biologi Pascasarjana (S-2) Universitas Muhammadiyah Metro gelar praktikum lapangan ke berbagai lokasi Lampung Barat. Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa didampingi oleh dosen Pascasarjana Pendidikan Biologi itu berlangsung pada 06-08 Oktober 2019.

Menurut wakil direktur S-2 Pendidikan Biologi UM Metro, Dr. Achyani, M.Si., menyebut kegiatannya merupakan bagian dari upaya eksplorasi dan riset sumber daya yang terdapat di Provinsi Lampung, khususnya di Kabupaten Lampung Barat.

“Semua tempat adalah sekolah. Guru yang profesional harus kreatif memanfaatkan setiap jengkal tempat dan segala sumber daya untuk mengoptimalkan proses pembelajaran di kelas agar lebih bermakna (Meaningful Learning). Sumberdaya boleh terbatas tapi kreativitas tidak terbatas,” ucapnya.

Lebih jauh Dr. Achyani menambahkan “Sebagai upaya memantapkan Visi Program Studi S-2 Pendidikan Biologi Pascasarjana UM Metro: Unggul Dalam Merancang Sumber Belajar Biologi Melalui Riset Terpadu Berbasis Lokal, kiranya sangat tepat Studi atau Praktikum Lapangan Sumber Belajar Biologi (PLSBB) di arahkan untuk mengeksplorasi lingkungan di  Lampung,” imbuhnya, Senin (07/10/2019).

Terakhir, menurut pengakuannya, Lampung Barat merupakan sebuah daerah yang indah, eksotik dan kaya akan objek penelitian biologi. Sehingga perlu sebuah riset dan eksplorasi semua sumber daya yang terdapat di sana. Selain itu, kabarnya, sebagian besar mahasiswa PPs UM Metro yang notabenenya sudah lama tinggal bahkan lahir di Lampung belum banyak yang pernah berkunjung ke Kabupaten Lampung Barat.

“Mengapa Lampung Barat menjadi tujuan kunjungan studi PPs UM Metro, karena kegiatan kali ini kami memilih untuk mengeksplorasi lingkungan Lampung Barat yang indah, eksotik, dan kaya objek biologi. Juga, banyak mahasiswanya yang sudah lama tinggal bahkan lahir di Lampung, ternyata belum pernah berkunjung ke Lampung Berat. Hal ini tentu akan banyak memberikan pengalaman baru kepada mahasiswa,” tukasnya. (Nas/Hum).