Rektor UM Metro Isi Materi Diklat Calon Kepala Sekolah Muhammadiyah

Rektor UM Metro Isi Materi Diklat Calon Kepala Sekolah Muhammadiyah

UM Metro – Pimpinan Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Lampung Timur menyelenggarakan diklat calon kepala sekolah muhammadiyah yang berbasis Baitul Arqom.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21-26 Juni 2021 bertempat di SMP Muhammadiyah Al Ghifari Batanghari, kabupaten Lampung Timur.

Drs. H. Jazim Ahmad, M.Pd pada diklat kali ini memberikan materi bertemakan “Mengeksplorasi Manajemen Perubahan Kepala Sekolah Saat Ini dan Masa Depan”.

Rektor UM Metro menyampaikan pentingnya peran kepala sekolah karena kepala sekolah adalah kunci dari dunia Pendidikan Indonesia.

“Kepala sekolah harus memiliki kualitas kepemimpinan yang baik dan mempunyai kemampuan berinteraksi yang bagus dengan seluruh pemangku kepentingan di sekolah,” ujar Jazim.

Dalam menjawab tantangan pendidikan Abad 21, para pendidik juga harus siap menyongsong perubahan yang begitu cepat akibat perkembangan teknologi yang pesat.

“Tantangan inilah yang membuat para pemimpin sekolah harus selalu terbuka dengan berbagai wawasan dan ilmu-ilmu baru,” tambahnya

Ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki kepala sekolah sebagai seorang kepala sekolah yang diinginkan pemerintah dan masyarakat, yaitu: kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial,kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi dan kompetensi sosial.

Menurut Jazim ada 2 langkah manajemen perubahan yaitu identifikasi tipe perubahan dan identifikasi tujuan perubahan.

“Ketika anda harus memanaj perubahan, pertama-tama perlu mengidentifikasi tipe dari perubahan tersebut. Kemudian merencanakan tujuan tersebut secara jelas dan memberikan batasan antara waktu dengan perubahan mana yang dapat diterima,” pungkasnya. (Fenny/PKSKUI)