Rektor UM Metro Ikuti Munas XII BKS PTIS se-Indonesia di Jakarta

Rektor UM Metro Ikuti Munas XII BKS PTIS se-Indonesia di Jakarta

UM Metro – Rektor UM Metro Drs. H. Jazim Ahmad, M.Pd. ikuti Musyawarah Nasional XII Badan Kerja Sama Nasional Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS-PTIS) se-Indonesia dan Seminar Nasional, bertempat di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Jakarta, Kamis-Jum’at (11-12/7/2019).

Munas dan seminar nasional ini menukil tema “Peranan PTIS dalam Membangun Karakter Bangsa,” dengan menghadirkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P sebagai keynote speech, dan Prof. Dr. KH. Din Syamsuddin, M.A. sebagai majelis penasihat MUI.

Rektor UM Metro menerangkan, munas dan seminar nasional ini melibatkan 50-an Pimpinan Perguruan Tinggi Islam Swasta se-Indonesia dalam rangka menjalin silaturahmi dan berbagi informasi strategi memajukan perguruan tinggi sekaligus re-struktur kepengurusan.

“BKS-PTIS ini bertujuan untuk saling menguatkan asas ke-Islaman antar perguruan tinggi Islam Swasta di Indonesia, disamping saling memacu program internasionalisasi yang menjadi isu kualitas perguruan tinggi saat ini,” ujarnya.

Selain melibatkan Mendikbud, sambungnya, munas dan seminar nasional ini juga melibatkan Ketua BAN-PT dan Ketua LAM PTKes untuk membahas isu penting akreditasi dalam mencapai standar unggul.

“Banyak isu baru yang harus dipenuhi oleh perguruan tinggi dalam mencapai akreditasi yang baik, apalagi tadi disampaikan oleh Ketua BAN-PT, hingga saat ini masih banyak perguruan tinggi swasta di Indonesia yang terakreditasi C. Hal ini tentu sangat mencerahkan bagi para pimpinan perguruan tinggi yang hadir di forum ini,” tambahnya.

Menurutnya, salah satu langkah untuk mencapai akreditasi yang unggul bagi perguruan tinggi adalah dengan menggalakkan isu internasionalisasi di perguruan tinggi.

“Isu internasionalisasi ini menjadi poin penting untuk akreditasi perguruan tinggi, baik itu sifatnya program pertukaran mahasiswa maupun program lain. Dan ini akan kami coba terapkan di UM Metro, meskipun sedikit membutuhkan waktu untuk prosesnya, namun kami sudah komitmen untuk menunjang akreditasi UM Metro tahun depan,” paparnya menanggapi hasil seminar nasional tersebut.

Lebih lanjut, Rektor UM Metro menegaskan akan terus berupaya membangun sinergi dengan Majelis Dikti Litbang PP Muhamadiyah dan perguruan tinggi lainnya dalam mewujudkan mimpi tersebut, terutama dengan perguruan tinggi muhamadiyah yang sudah lebih dulu meraih akreditasi unggul. (Bungs/Hum).