Raih Predikat Wisudawan Terbaik, Widyo Merupakan Tulang Punggung Keluarga dengan Segudang Prestasi

Raih Predikat Wisudawan Terbaik, Widyo Merupakan Tulang Punggung Keluarga dengan Segudang Prestasi

UM Metro – Salah seorang wisudawan Program Sarjana, Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah (UM) Metro, Widyo Andre Pramono menjadi lulusan terbaik tingkat Universitas.

Widyo diketahui berhasil meraih IPK 3,96 yang merupakan IPK tertinggi untuk tingkat Sarjana untuk lulusan UM Metro Tahun 2021.

Sehari-hari wisudawan yang berasal dari Abung Semuli, Lampung Utara ini harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan keluarganya sembari kuliah di UM Metro.

“Saat ini saya menjadi tulang punggung keluarga, ibu saya sudah ditinggalkan oleh ayah pada tahun 2004, dan kedua kalinya harus ditinggalkan oleh bapak. Saya harus berjuang buat mencukupi kebutuhan keluarga dan juga biaya kuliah saya,” kata Widyo.

Untuk melangsungkan Pendidikan di UM Metro, ia memanfaatkan beasiswa bidikmisi yang difasilitasi Kemdikbud-Ristek. Kendati demikian, hal ini tak menyurutkan semangatnya untuk memberikan yang terbaik bagi dirinya dan kedua orangtuanya.

“Semasa kuliah banyak sekali kegiatan yang saya lakukan untuk membantu meringankan biaya kuliah, salah satunya Alhamdulillah saya menerima beasiswa Bidikmisi. Saya juga mengajar bimbel IPA, menjadi asisten praktikum di Lab IPA Terpadu,” kata Widyo.

Selain itu, Widyo juga aktif membantu masyakarat di kampung halamannya untuk membuatkan faktur pajak PKP sebagai salah satu penghasilan guna memenuhi kebutuhan keluarganya.

“Saya juga bekerja untuk membuatkan faktur pajak untuk PKP bisnis jual beli karet. Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar dan sampai sekarang masih saya lakukan dan menjadi sumber penghasilan,” tambah Widyo.

Menurutnya semua aktivitas yang ia lakukan atas pertimbangan yang matang untuk menambah penghasilan keluarganya.

“Semua itu saya lakukan dengan pertimbangan dan pemikiran yang matang. Bagi saya tidak ada yang sulit dilakukan selagi kita mau mencobanya, waktu yang membatasi bukan menjadi penghalang, melainkan kita sebagai pengontrol waktu yang harus lihai dalam memanfaatkan waktu tersebut, dan Alhamdulillah saya mampu melakukan semuanya, kuliah berjalan dengan baik pekerjaan pun selesai dengan baik,” paparnya.

Di tengah kesibukannya, Widyo mendapatkan pengalaman mengesankan mulai dari keterampilan di bidang sains hingga berorganisasi.

“Pengalaman mengesankan yang saya dapatkan mulai dari bagaimana bisa memiliki keterampilan dan wawasan di bidang sains, pengalaman public speaking, pengalaman berorganisasi di himpunan mahasiswa, mengikuti ajang kejuaraan KN-MIPA tingkat Nasional dan masih banyak lainnya. Tentunya berkat bantuan dari bapak/ibu dosen serta berkat do’a dan dukungan orangtua terutama ibu saya. Niat saya kuliah adalah ingin meninggikan derajat seorang ibu,” jelas Widyo.

Widyo merupakan putra Suma Agus Widodo (Alm), dan Suyanti yang merupakan seorang pedagang, asal Desa Semuli Jaya, Kecamatan Abung Semuli, Kabupaten Lampung Utara