Pewisudaan FKIP, Rektor UM Metro Bacakan Puisi Haru “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”

Pewisudaan FKIP, Rektor UM Metro Bacakan Puisi Haru “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”

UM Metro – Universitas Muhammadiyah (UM) Metro menggelar wisuda hari ke-2 untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) pada Selasa (23/11/2021) di Aula Gd E, Kampus 1 UM Metro.

Sebanyak 228 wisudawan yang resmi dikukuhkan pada hari ini terdiri dari 45 wisudawan dari Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Ekonomi sebanyak 30 wisudawan, Pendidikan Sejarah 30 wisudawan, Pendidikan Matematika sebanyak 26 wisudawan, Pendidikan Biologi 54 wisudawan, Pendidikan Fisika 10 wisudawan, Pendidikan Bahasa Inggris 33 wisudawan.

Pada kesempatan kali ini, Rektor UM Metro mengucapkan selamat kepada wisudawan yang sudah berhasil mendapatkan gelar sarjana.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh wisudawan yang diwisuda pada hari ini, semoga ilmu yang diperoleh berguna di kehidupan kalian setelah melewati bangku kuliah ini,” ucapnya.

Tak lupa beliau mengucapkan permohonan maaf kepada keluarga wisudawan. Pasalnya acara rutin tahunan ini biasanya selalu digelar secara meriah dan disaksikan secara langsung dengan mengundang beberapa tamu penting dan orang tua tiap wisudawan. Namun kali ini dilaksanakan dengan sederhana.

“Harap dimaklumi kepada wisudawan, untuk tahun ini masih seperti tahun sebelumnya, dikarenakan pandemi yang masih belum berakhir jadi kalian tidak diperkenankan membawa orang tua kalian,” ujarnya.

Di tengah sambutannya, rektor berpesan kepada wisudawan untuk tetap mempertahankan nama baik prodi serta akreditasinya.

“Walaupun latar belakang akademik kalian pendidikan, namun kalian tidak harus menjadi PNS, buatlah pekerjaan yang bisa membuka lahan pekerjaan bagi orang lain. Tetap pertahankan nama baik almamater, nama baik prodi kalian serta akreditasinya,“ pesannya.

Terakhir, di tengah khidmatnya acara wisuda, Rektor UM Metro membacakan puisi haru bertajuk sang pahlawan tanpa tanda jasa sebagai persembahan kepada wisudawan. Ini dimaksudkan kepada para lulusan FKIP agar setelah lulus bisa mengabdi layaknya pahlawan tanpa tanda jasa.

Berikut adalah isi puisi rektor UM Metro:

Untukmu Sang Calon Pahlawan

Cermatilah sajak sederhana ini
Sajak yang terkisah dari sosok sederhana pula
Sosok yang terkadang terlupakan

Ialah pahlawan yang tak ingin disebut pahlawan
Ia tak paham genggam senjata api
Ia tak bertarung di medan perang
Ilmu pengetahuan dan sabar menjadi senjatanya

Keberhasilanmu, itulah jasanya
Cerdasmu, itu pula jasanya
Bukan ia yang diharap menang
Namun suksesmu menangnya
Suksesmu menjadi pahlawan esok hari
Pahlawan tanpa tanda jasa