Menuju Akreditasi Unggul, UM Metro Siap Menerima Mahasiswa Asing

Menuju Akreditasi Unggul, UM Metro Siap Menerima Mahasiswa Asing

Universitas Muhammadiyah Metro sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Sumatera berusaha untuk meraih akreditasi unggul dengan berbagai upaya peningkatan kualitas kampus, salah satunya adalah program Internasionalisasi.

Program yang bersifat internasional ini tidak hanya dibebankan kepada dosen tetapi juga mahasiswa. PR besar bagi perguruan tinggi adalah mendatangkan mahasiswa asing untuk kuliah di UM Metro.

Fenny Thresia selaku Kepala Pusat Kerja Sama dan Kantor Urusan Internasional UM Metro memperkenalkan UM Metro sebagai kampus terbaik di Sumatera dengan menjabarkan berbagai prestasi yang dimiliki kepada sekolah-sekolah yang ada di Thailand, Jumat (23-09-2022).

“Internasionalisasi dalam bidang pendidikan bukan sesuatu yang baru, bahkan telah menjadi peningkatan kualitas. Kolaborasi dan kemitraan internasionalisasi merupakan salah satu aspek untuk meraih akreditasi unggul sehingga saya merasa sangat penting mengenalkan UM Metro” papar Fenny.

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris ini juga menuturkan selama ini mahasiswa Thailand yang kuliah di Indonesia lebih memilih lokasi di pulau Jawa karena mereka hanya mengenal pulau jawa sebagai pusat pendidikan dengan biaya hidup yang murah.

“UM Metro yang berlokasi di kota Metro Lampung memiliki biaya hidup yang rendah sehingga ini dapat menjadi nilai promosi tambahan” ujarnya.

Salah satu bentuk untuk follow up promosi kepada siswa di Thailand adalah dengan menempatkan mahasiswa untuk PPL/KKN/Magang karena dengan seringnya berinteraksi dengan mahasiswa UM Metro dapat membuat siswa di Thailand tertarik ke UM Metro. Secara tidak langsung mahasiswa yang ditempatkan untuk PPL/KKN/Magang menjadi agen promosi kampus.

Sejalan dengan itu Drs. H. Jazim Ahmad, M.Pd selaku Rektor UM Metro menungkapkan bahwa sudah saatnya UM Metro bertindak massif untuk menuju akreditasi unggul

“Segala komponen di borang akreditasi sudah mulai kita siapkan, agar UM Metro dapat memenuhi semua indikator penilaian” ungkapnya.

UM Metro sudah memulai kegiatan internasional dengan melakukan student exchange dan visiting lecturer serta akan disusul dengan kegiatan PPL/KKN/Magang di Luar negeri.