LPPM UM Metro Dorong Kemajuan Pasar Kreatif Pak Tejo

LPPM UM Metro Dorong Kemajuan Pasar Kreatif Pak Tejo

UM Metro – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah (UM) Metro, menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan pasar kreatif pak Tejo di Tejo Agung, Metro Timur, Kamis (21/7).

Penandatanganan PKS ini diharapkan menjadi pemicu terjalinnya kerja sama yang semakin erat dan positif.

Dalam sambutannya, ketua LPPM UM Metro, Dr. Muhfahroyin, M.Pd menjelaskan bahwa kerja sama antara UM Metro dengan pasar kreatif pak Tejo yang telah berjalan selama ini, perlu dipayungi dengan PKS.

“Dengan adanya PKS ini, maka kolaborasi antara UM Metro dengan pasar kreatif pak Tejo semakin terukur dan produktif,” terangnya.

Muhfahroyin juga berharap ada ide-ide kreatif baru, yang muncul dalam kerja sama tersebut. Ide kreatif tersebut baik dalam bentuk penelitian maupun pengabdian, yang dapat membantu pasar kreatif pak Tejo terus berkembang, dan menjadi contoh kreatif bagi daerah lain.

Sementara, pembina pengurus pasar kreatif Pak Tejo, Suyut Sumartono sangat gembira dengan kedatangan rombongan dari UM Metro.

Menurutnya, pengabdian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa UM Metro selama ini sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat di daerah Tejo Agung.

“Manfaat ini terutama dalam menggerakan pemuda dan karang taruna di daerah Tejoagung, agar kreatif dan dapat berbuat positif bagi lingkungan sekitar. Kreatifitas yang dituangkan dalam bentuk pasar kreatif Pak Tejo, telah memberikan manfaat positif bagi perkembangan desa,” terangnya.

Lebih lanjut, kepala Pusat Pengabdian Masyarakat LPPPM UM Metro, Riswanto, M.Pd.Si. menjelaskan bahwa kegiatan pengabdian UM Metro di pasar pak Tejo, selama ini, banyak dilakukan oleh mahasiswa dan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Ilmu Komputer.

“Diantaranya pengabdian dengan judul ‘Pak Tejo go Digital’ yang dibimbing oleh Mustika, M.Kom. Serta pengabdian dengan judul ‘Pendampingan Kreasi Olahan Pisang dan Penggunaan Media Sosial di Pasar Kreatif Tejo Agung’ yang dibimbing oleh Elmira Febri Darmayanti, S.E., M.BA,” katanya.

Riswanto juga berharap, muncul judul-judul pengabdian lain yang dapat memaksimalkan potensi masyarakat di Kelurahan Tejo Agung, Metro Timur.

“Selain itu, Kelurahan Tejo Agung diharapkan bisa menjadi desa binaan untuk kegiatan pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa UM Metro,” tambahnya.

Di samping itu, Kepala Pusat Penelitian LPPM UM Metro, Dr. Satrio Budi Wibowo, M.A. ikut menambahkan banyaknya potensi dan keunikan dari pasar kreatif pak Tejo yang dapat digali dan dijadikan sebagai bahan penelitian.

“Dengan adanya PKS ini, diharapkan tidak hanya memayungi keguatan pengabdian dosen dan mahasiswa UM Metro. Namun juga bisa memayungi berbagai kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa UM Metro di pasar kreatif pak Tejo,” tukasnya.