Kaprodi Pendidikan Ekonomi Sampaikan Profil Prodi Terbaru, Alumni dan Pengguna Alumni Beri Saran & Masukan

Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro gelar acara Temu Alumni dan Pengguna Alumni Tahun 2023 pada hari Minggu, 19 Maret 2023 bertempat di Aula Gedung HI Kampus 1 UM Metro, dengan tema “Upgrade Kemampuan Alumni Prodi Pendidikan Ekonomi”. Acara temu Alumni dan Pengguna Alumni Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro terbuka untuk Alumni dan Pengguna Alumni diberbagai wilayah dan merupakan waktu yang ditunggu-tunggu yaitu kumpul dengan teman kuliah dulu.

Kegiatan Temu alumni merupakan kegiatan rutin tahunan, yang dilaksanakan 1 tahun sekali yang dilaksanakan Prodi Pendidikan Ekonomi. Salah satu pembahasan dalam kegiatan ini yaitu tentang “Pengenalan Update Profil Prodi Pendidikan Ekonomi”, yang disampaikan oleh Ketua Prodi Pendidikan Ekonomi Fajri Arif Wibawa, S.Pd., M.Pd.. Pada pembahasan ini Kaprodi Pendidikan Ekonomi menyampaikan secara detail terkait profil prodi pendidikan ekonomi terbaru, baik dari kurikulum, pembelajaran, program prodi, kemahasiswaan dan lainnya.

Dalam penyampaiannya Bapak Fajri Arif Wibawa, S.Pd., M.Pd. menyampaikan, “Profil lulusan prodi pendidikan ekonomi terbagi jadi 3 yaitu bisa menjadi 1) Guru/ pendidik, 2) Entrepreneur, dan 3) Praktisi pendidikan ekonomi di berbagai bidang. Terbukti lulusan kita ada yang bekerja jadi guru baik pada satuan pendidikan SMA, MA, SMK, SMP, MTs, bahkan banyak juga yang ngajar di tingkat SD.

Selain itu, lulusan kita banyak juga yang menjadi seorang wirausaha atau entrepreneur seperti usaha horden, memiliki pertashop dll. Dan yanh terakhir alumni kita juga banyak yang bekerja di perusahaan swasta maupun BUMN. Tentu hal ini membuktikan bahwa lulusan kita bisa berprofesi ke 3 ini, tambah Bapak Fajri.

 

Albi sebagai perwakilan alumni memberikan saran dan masukan dari profil yang telah disampaikan, “Kita perlu meningkatkan mahasiswa baru kita, karna bisa kita lihat jumlah mahasiswa baru semakin turun. Maka kita sebagai alumni perlu andil juga dalam promosi prodi kita.”

April sebagai perwakilan alumni juga memberikam saran dan masukan, “Kita perlu memperkuat penguasaan IPTEK dalam perkuliahan, agar lulusan kita bisa lebih menguasainya dan memanfaatkan lnya setelah lulus. Apalagi di zaman era saat ini, IPTEK menjadi hal yang wajib kita ketahui, kalau tidak kita akan ketinggalan, di semua profesi itu.”