Himadikmi FKIP UM Metro Gelar Kegiatan Pelatihan Teknik Dasar Organisasi

Himadikmi FKIP UM Metro Gelar Kegiatan Pelatihan Teknik Dasar Organisasi

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (HIMADIKMI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro gelar kegiatan pelatihan Teknik Dasar Organisasi (TDO). Kegiatan ini dilaksanakan dua hari yaitu Sabtu-Minggu, 22-23 Oktober 2022 bertempat di ruang 1.6 Gedung E Kampus 1 UM Metro.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengkaderan keorganisasian kepada mahasiswa semester 1 prodi pendidikan ekonomi khususnya sebagai calon pengurus dan secara umum untuk merefleksi pengetahuan dan motivasi kepada mahasiswa yang telah menjadi pengurus Himadikmi.

Kegiatan ini diikuti 70 mahasiswa prodi pendidikan ekonomi yang tersebar dr berbagai semester. Terdapat 4 materi dalam kegiatan ini yaitu motivasi berorganisasi dengan pemateri Kaprodi Pendidikan Ekonomi Bapak Fajri Arif Wibawa, S.Pd., M.Pd., kepemimpinan dalam organisasi dengan pemateri dosen prodi Pendidikan Ekonomi Ibu Ida Sangidatus Sholiha, M.Pd., administrasi dalam Himadikmi dengan pemateri Madina Cahya Mukti Pimpinan Pusat Imapesi dan teknik persidangan dengan pemateri Samsul Bahari, S.Pd. ketum Himadikmi 2021-2022.

Adel selaku ketua panitia menyampaikan dalam laporan, “TDO ini dilaksanakan untuk membekali mahasiswa prodi pendidikan ekonomi khususnya angkatan tahun 2022 untuk melasanakam kegiatan organisasi yang dililih”.

Muhammad Nur Afief selaku Ketum Himadikmi menyampaikan dalam sambutan, “TDO bertujuan untuk memberikan pengkaderan keorganisasian kepada mahasiswa semester 1 prodi pendidikan ekonomi khususnya sebagai calon pengurus dan secara umum untuk merefleksi pengetahuan dan motivasi kepada mahasiswa yang telah menjadi pengurus Himadikmi”.

Fajri Arif Wibawa, S.Pd., M.Pd. Kaprodi Pendidikan Ekonomi menyampaikan dalam sambutannya, “Jadi tahap kegiatan mahasiswa baru di Prodi Pendidikan Ekonomi yaitu setelah mastama, kemudian mengikuti masa keakraban (MAKRAB), kemudian teknik dasar organisasi (TDO) dan baru mengikuti seleksi calon pengurus dilanjutkan dengan mengikuti musyawarah tinggi anggota (MUSTA)”.

“Tahapan tersebut dilalui mahasiswa baru untuk mengenal dan menguatkan keorganisasian tiap mahasiswa,” tambah Fajri.

Selain itu juga, pada akhir hari kedua kegiatan ini akan diadakan seleksi calon pengurus untuk mahasiswa angkatan tahun 2022. Melalui kegiatan pelatihan Teknik Dasar Organisasi (TDO) ini diharapkan mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi dapat mengikuti organisasi khususnya Himadikmi memiliki bekal yang siap diimplementasikan dalam berbagai kegiatan di organisasi.