Hadiri Wisuda UM Metro, Prof. Edy: Ijazah Hanya Simbol, Yang Terpenting Wisudawan Miliki Knowledge, Skills, dan Karakter

Hadiri Wisuda UM Metro, Prof. Edy: Ijazah Hanya Simbol, Yang Terpenting Wisudawan Miliki Knowledge, Skills, dan Karakter

UM Metro – Universitas Muhammadiyah Metro suskes gelar wisuda hari pertama secara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) dengan diikuti 206 wisudawan/wisudawati dari Program Pascasarjana dan Fakultas Teknik pada Senin (22/11/2021).

Prof. Dr. H. Edy Suandi Hamid, M.Ec. selaku Wakil Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah menyampaikan sambutan melalui Zoom Meeting.

Dalam sambutannya, Prof. Eddy menyampaikan pesan kepada wisudawan agar dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari bangku perkuliahan sehingga memberikan manfaat kepada diri sendiri, bangsa, agama, dan umat manusia.

Pada dasarnya wisuda merupakan proses lahirnya intelektual, cendikiawan, dan ulil albab di negeri ini. Ijazah hanya sebagai simbolik berupa kertas bertanda tangan rektor, yang terpenting adalah knowledge, skills, dan karakter bagi kemanfaatan umat.

“Jaga nama baik sendiri, nama baik almamater dan jaga nama baik muhammadiyah,” ujarnya.

Menurutnya, lulus di masa Covid-19 tidaklah mudah karena berada di tengah pandemi yang meluluhlantakkan seluruh aspek kehidupan termasuk perekonomian yang secara tidak langsung menambah angka pengangguran.

Dalam hal ini, Prof. Edy optimis lulusan UM Metro dapat mengahadapi situasi ini.

“Insya Allah lulusan UM Metro dapat mengatasi hal tersebut, dikarenakan adanya proses pendidikan, pemberian pengetahuan, keterampilan dan juga akhlak melalui Al-Islam dan Kemuhammadiyahan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Prof. Edy menerangkan masa sebelum adanya pandemi, Indonesia sudah memasuki era revolusi industri 4.0 di mana tantangan jauh lebih berat. Menurutnya cara mengatasinya adalah dengan tidak pernah berhenti belajar.

“Jangan berhenti untuk berupaya menguasai teknologi masa depan. Intinya wisudawan mampu beradaptasi dengan cepat terhadap proses dinamika perubahan yang begitu cepat, jika tidak produktivitas akan mengalami penurunan. Ilmu yang sudah diperoleh sangat bermanfaat di awal mencari kerja, jadi jangan berkecil hati lulus dari PTS, karena yg dilihat adalah kinerja nya,” ucapnya.

Terakhir sebagai penutup, beliau menyampaikan 4 hal yang harus dimiliki oleh wisudawan sebelum terjun ke dunia kerja yaitu kejujuran, disiplin, mudah beradaptasi (menghargai orang lain), dan kepemimpinan (leadership).