Gagas Akreditasi Internasional, UM Metro Libatkan Fakultas dan Prodi

Gagas Akreditasi Internasional, UM Metro Libatkan Fakultas dan Prodi

Universitas Muhammadiyah (UM) Metro gelar workshop akreditasi internasional yang melibatkan Fakultas dan Program Studi, Rabu (24/08/2022).

Workshop ini merupakan langkah awal UM Metro untuk mulai menggagas akreditasi internasional di tingkat Prodi dan Lembaga ke depan. Hal ini terungkap dalam sambutan Purwiro, M.Pd. selaku ketua panitia.

“Wokrshop ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada Program Studi dan Fakultas untuk mengetahui apa saja persyaratan agar dapat memperoleh akreditasi internasional,” katanya.

Menurutnya Akreditasi Internasional merupakan pengakuan suatu Lembaga yang berwenang terhadap Lembaga Pendidikan.

“Akreditasi merupakan pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang, sebagai hasil penilaian bahwa lembaga tersebut telah memenuhi syarat maupun kriteria mutu yang ditetapkan,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor IV Bidang Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Kerja Sama Dr. M. Ihsan Dacholfany, M.Ed. menerangkan UM Metro harus memperoleh akreditasi internasional untuk menunjang eksistensinya di mata publik.

“Akreditasi internasional cukup penting sebagai jaminan kualitas perguruan tinggi di mata publik internasional. Salah satu manfaat akreditasi internasional itu untuk rekogisi (pengakuan), sehingga perguruan tinggi kita juga diketahui oleh perguruan tinggi luar negeri,” jelasnya.