Dosen UM Metro Beri Pelatihan Akrilik Bagi Ibu Rumah Tangga

Dosen UM Metro Beri Pelatihan Akrilik Bagi Ibu Rumah Tangga

UM Metro – Dalam upaya menumbuhkan jiwa entrepreneurship dan memanfaatkan gadget sebagai alat promosi, beberapa dosen UM Metro memberikan pelatihan kerajinan akrilik bagi ibu rumah tangga.

Adapun pelatihan bagi kelompok ibu-ibu Ranting Aisyiyah Desa Banjarrejo Lampung Timur yang diadakan beberapa waktu lalu itu dibimbing langsung oleh Triani Ratnawuri, M.Pd. (dosen Pendidikan Ekonomi) dan Nurul Farida, M.Pd. (dosen Pendidikan Matematika).

Nurul Farida, M.Pd. selaku pemateri memberikan pelatihan pembuatan kerajinan Akrilik dengan menggunakan metode demonstrasi. Sedangkan Triani Ratnawuri, M.Pd. memberikan pelatihan pemasaran produk berbasis online dengan metode praktik menggunakan HP android.

Triani Ratnawuri, M.Pd. mengatakan, era digital yang semakin berkembang pesat membuka peluang besar untuk penjual dan pembeli berinteraksi secara online. Ibu-ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang dapat memanfaatkan kreatifitas dengan menghasilkan produk, salah satunya produk kerajinan bunga tangkai dari bahan akrilik.

“Tampilan produk kerajinan dari bahan akrilik yang berwarna-warni menjadikan produk kerajinan yang unik dan menarik. Dengan pelatihan pemasaran kerajinan akrilik berbasis online diharapkan dapat memperluas jaringan pemasaran, sehingga menambah kesejahteraan ibu-ibu walaupun hanya dikerjakan dari rumah,” katanya, Jumat (4/10/2019).

Sedangkan, Nurul Farida M. Pd. menjelaskan bahwa kerajinan akrilik merupakan kerajinan yang sangat mudah sekali dilakukan, karena bahannya yang murah, tapi terlihat mahal dan memiliki nilai jual yang cukup lumayan.

“Selain itu, melalui kerajinan dari bahan akrilik dapat dihasilkan berbagai macam hiasan maupun aksesoris, seperti bunga, gantungan kunci, tempat tisu, dan masih banyak lagi kreativitas yang dapat dihasilkan dari bahan akrilik,” ujarnya. (Bungs/Hum)