Dosen Teknik UM Metro Beri Diklat Perawatan dan Perbaikan AC di SMK N 9 Bandar Lampung

Dosen Teknik UM Metro Beri Diklat Perawatan dan Perbaikan AC di SMK N 9 Bandar Lampung

UM Metro – Eko Budiyanto,S.T., MT., dosen teknik Universitas Muhammadiyah (UM) Metro, mejadi pemateri dalam Technical Training Air Conditioner (AC) Panasonic, bertempat di SMK Negeri 9 Bandar Lampung, pada Senin(24/01/22) hingga Sabtu (29/01/22).

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) tersebut merupakan lanjutan dari kerjasama antara UM Metro, SMK Negeri 9 Bandar Lampung, PT. Panasonic Gobel Indonesia, dan DPP ASISI.

“Ini adalah bentuk implementasi dari kerjasama antara kami, UM Metro, SMK N 9 Bandar Lampung, PT. Panasonic, dan DPP ASISI, yang mana pelatihan ini ditujukan kepada peserta didik dan juga tenaga pendidik khususnya di bidang keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) dan Sistem Informatika Jaringan dan Aplikasi (SIJA),” ujar Eko.

Selanjutnya Ketua 2 DPP ASISI, Lukito Dwi Yuono, M.T., menyatakan pembukaan jurusan baru di SMK terkait dengan jurusan Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) akan menjadi kolaborasi yang baik antar alumni dan perusahaan.

“Melihat kondisi sekarang, bahwasanya di Lampung ini jurusan TPTU masih kurang sekali. Sehingga dengan kita merencanakan pembukaan jurusan baru di SMK Negeri 9 Bandar Lampung ini, harapannya akan ada kolaborasi yang bagus bagi alumni yang dapat diserap oleh perusahaan yang berada dalam naungan ASISI,” kata Lukito.

Sebagai informasi tambahan Peserta berjumlah 60 peserta didik berasal dari Kompetensi Keahlian TKRO dan Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi (SIJA). Untuk selanjutnya ujian sertifikasi akan diikuti oleh 20 peserta terpilih oleh asesor bersertifikat BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dari PT Panasonic Manufacturing Indonesia Jakarta.