Dosen Bergelar Doktor di UM Metro Kembali Bertambah

Dosen Bergelar Doktor di UM Metro Kembali Bertambah

UM Metro – Kabar membanggakan dan menggembirakan datang dari Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah (UM) Metro dengan terselenggaranya ujian promosi salah seorang dosen secara daring melalui aplikasi zoom meeting pada Selasa, 22 Juni 2021.

Ia adalah Dr. Eva Rolia yang berhasil meraih gelar doktornya di bidang Teknik Sipil konsentrasi Sumber Daya Air di Universitas Indonesia.

Dalam ujian promosi ini, Dr. Eva Rolia mengangkat judul disertasi “Pengembangan Model Asesmen Kesehatan Daerah Aliran Sungai (DAS) sebagai Dasar Perencanaan Pengelolaan DAS (Studi Kasus di DAS Provinsi Lampung)”.

Dr. Eva Rolia dalam disertasinya mengembangkan Aplikasi Asesmen Kesehatan DAS dan Biotilik yang disingkat DYTERasDAS.

Menurutnya, aplikasi ini dapat membantu pengguna menemukan hasil asesemen berupa rekap data asesmen (skor, status kesehatan DAS dan kualifikasi penanganan), kesimpulan (nilai KesDAS dan nilai biotilik), peta lokasi pengukuran, dan gambar jenis biotilik.

Rektor UM Metro Drs. H. Jazim Ahmad, M.Pd. mengaku bangga atas bertambahnya jumlah doktor di lingkungan UM Metro.

“Hal ini sangat membanggakan dan tentu ke depannya akan membawa efek positif untuk UM Metro khususnya. Memperoleh gelar doktor merupakan kebanggaan dan keistimewaan tersendiri bagi seseorang, mengingat bahwa gelar tersebut adalah gelar akademik tertinggi dalam dunia Pendidikan,” ujarnya.

Selain itu, menurutnya memiliki dosen bergelar doktor dengan jumlah yang banyak juga akan menguntungkan instansi di mana dosen tersebut bernaung. Bukan hanya sekadar titel yang menempel di nama, gelar doktor menunjukkan bahwa seseorang dianggap telah memiliki kontribusi dalam ilmu pengetahuan.

“Saya ucapkan selamat kepada Ibu Dr. Eva Rolia, S.T., M.T. atas gelar yang diperolehnya, saya berharap beliau mampu memotivasi dan memberi kontribusi besar bagi perkembangan UM Metro ke depannya sesuai dengan bidang keahlian beliau,” tukasnya.

Ujian promosi ini turut dihadiri Wakil Walikota Metro Drs. H. Qomaru Zaman, M.A, Bendahara BPH UM Metro Dr. M. Samson Fajar, M.Sos.I, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Metro, Kepala Dinas PUPR Lampung Tengah, Wakil Rektor, Dekan, dosen di lingkungan UM Metro serta tamu undangan. (Bungsudi/PKSKUI)