Dipercaya Jadi Penyelenggara PPG, Rektor UM Metro Optimis Gerak Maju

Dipercaya Jadi Penyelenggara PPG, Rektor UM Metro Optimis Gerak Maju

UM Metro – UM Metro dipercaya menjadi salah satu perguruan tinggi penyelenggara Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Penyelenggaraan PPG ini menjadikan UM Metro sebagai perguruan tinggi swasta kedua yang berada di pulau Sumatera yang dipercaya pemerintah.

Rektor UM Metro, Prof. Dr. Karwono, M.Pd. mengaku bangga atas terbitnya surat keputusan penyelenggaraan PPG di lingkungan kampus yang ia pimpin. Menurutnya hal ini merupakan hasil perjuangan tim yang telah bekerja keras selama ini.

“Alhamdulillah UM Metro dipercaya oleh pemerintah untuk menjadi salah satu penyelenggara PPG ini. (Hal) ini merupakan hasil kerja keras dari tim, baik oleh Prodi yang bersangkutan maupun pihak fakultas dan pihak-pihak lain yang terlibat,” ujarnya, Kamis (21/02/2019).

“Kami optimis untuk bergerak maju dalam rangka memfasilitasi masyarakat Indonesia untuk menjadi guru yang profesional melalui program PPG ini,” tambahnya.

Sementara itu, Dekan FKIP UM Metro Drs. Partono, M.Pd. ikut menambahkan, penyelenggaran PPG ini akan terus dikembangkan melalui penambahan program studi yang lain.

“Untuk saat ini, baru dua prodi PPG yang mendapat izin pendirian yakni Pendidikan Sejarah dan Pendidikan Ekonomi dari beberapa prodi yang kami ajukan beberapa waktu yang lalu. Berikutnya kami akan terus berusaha untuk memperjuangkan prodi lainnya. Sehingga alumni UM Metro maupun masyarakat umum yang ingin mengambil Program PPG di FKIP UM Metro dapat diakomodir,” jelasnya.

Drs. Partono, M.Pd. mengaku, persyaratan pendirian Program PPG itu sangat ketat. Namun ia bersyukur atas kerja keras dari tim yang solid akhirnya UM Metro dapat melaluinya dengan baik.

“Memang kami akui, proses penyelenggaraan program PPG di UM Metro butuh perjuangan yang ekstra, banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Namun berkat kerjasama tim yang dipimpin pak Agil (Lepiyanto, M.Pd.) dan kawan-kawan, semuanya membuahkan hasil. Meski hal ini belum maksimal karena ada beberapa program studi yang belum terealisir, namun terus kita upayakan dengan maksimal.,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia memaparkan, selain menargetkan pendirian prodi PPG lain, langka FKIP UM Metro adalah persiapan teknis penyelenggaraan kedua prodi yang telah terbit SK-nya dengan nomor : 1338/KPT/I/2018. (Bi/Hum)