Desi Budiono, Dosen Pendidikan Ekonomi UM Metro Latih Administrasi Organisasi Kepada Mahasiswa

Desi Budiono, Dosen Pendidikan Ekonomi UM Metro Latih Administrasi Organisasi Kepada Mahasiswa

Administrasi merupakan kegiatan yang memiliki kaitan erat dengan berbagai regulasi dengan tujuan agar dapat mencapai target organisasi. Administrasi memiliki peran yang sangat krusial bagi semua kegiatan organisasi. Secara Terminologi administrasi diartikan sebagai usaha dan kegiatan yang meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan organisasi.

HIMADIKMI merupakan organisasi mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro yang secara struktural dibawah program studi Pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro. Dalam rangka membantu mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri mahasiswa Pendidikan ekonomi, maka HIMADIKMI menjadi wadah bagi mahasiswa Pendidikan Ekonomi untuk mengembangkan potensinya.

Pelatihan administrasi fokus pada “Pelatihan Kearsipan seperti Penulisan Surat dan Pembuatan Poposal sampai pada Laporannya” yang ditujukan kepada organisasi HIMADIKMI UM Metro. Peserta meliputi BPH, pengurus dan anggota HIMADIKMI.

Acara dimulai dengan pelantikan pengurus masa bakti 2022-2023. Kemudian dilanjutkan dengan palatihan untuk membekali kompetensi mahasiswa seperti Public Speaking, Desain Grafis dan Administrasi Organisasi. Pentingnya kompetensi mahasiswa dalam beroraganisasi tersebut, mahasiswa mengikuti dengan sangat antusias.

Pemateri pelatihan Administrasi Organisasi HIMADIKMI disampaikan oleh Desi Budiono, S.Pd., M.Pd. Selaku dosen Pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro, pemateri yang akrab di sapa dengan Mr. Desbud mengatakan tentang pentingnya administrasi dalam aktivitas berorganisasi. Karena administrasi sebagai alat komunikasi organisasi yang perlu diarsipkan, untuk kepentingan lain seperti monitoring dan evaluasi. Desbud memberikan peltihan pembuatan surat, proposal sampai laporan kegiatan, dan RAB kegiatan setiap bidang pada oragnisasi HIMADIKMI. Setiap materi disampaikan dengan detail dan langsung diimplementasikan pada satu kegiatan pada masing-masing bidang organisasi HIMADIKMI.

Desi Budiono, S.Pd., M.Pd. menyampaikan, “Tujuan administrasi yaitu untuk Memonitoring kegiatan atau data, Mengevaluasi suatu kegiatan, Menyusun suatu kegiatan dan Mengamankan data atau catatan”.

Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh suatu organisasi, pengarsipan merupakan proses, cara atau perbuatan mengarsipkan, tambah Bapak Desi Budiono.

Kegiatan pelatihan dilanjutkan dengan praktik langsung pembuatan administrasi yaitu dari surat pengantar, surat masuk, proposal kegiatan dan laporan kegiatan.