Beri Edukasi Seks Bebas dan Penerapan Komunikasi Asertif, Mahasiswa UM Metro Tuai Pujian

UM Metro – Mahasiswa UM Metro beri edukasi resiko seks bebas dan penerapan komunikasi  asertif bagi remaja Serayu, Karang Anyar, Jawa Tengah, Rabu (22/08/2018).

Kegiatan bimbingan Prof. Dr. H. Marzuki, M.S. dan. Dr. Agus Sujarwanta, M.Pd. ini tuai pujian dari masyarakat setempat. Budi yang merupakan salah satu warga menilai, kegiatan ini merupakan upaya pencegahan dan solusi atas kekhawatiran para orang tua terkait kenakalan remaja yang kian marak terjadi di beberapa tempat.

Kegiatan ini sangat bagus sekali. Saya rasa ini perlu diapresiasi. Para orang tua sering kali khawatir dengan pergaulan para remaja yang terlalu bebas atas pengaruh zaman. Dengan adanya sosialisasi ini, anak-anak dapat memahami resikonya, sehingga anak-anak dapat menjauhi perbuatan-perbuatan seperti itu,” ucap Budi.

Budi juga menerangkan, kegiatan ini menawarkan solusi bagi anak-anak dalam menyalurkan aspirasi mereka melalui komunikasi yang baik. Menurutnya anak-anak yang seringkali berkata semau mereka, diharapkan memiliki kemampuan asertif sebagai cara berkomunikasi yang baik yang tidak hanya menyalurkan apa yang mereka inginkan, namun juga tidak menyinggung orang lain.

“Seringkali anak-anak itu kalo mau sesuatu atau ingin menyampaikan sesuatu tanpa menyaring perkataannya, meski menurutnya itu tidak apa-apa. Namun begitulah anak-anak, pemahaman mereka tidak sampai sejauh itu. Dengan adanya penerapan komunikasi asertif ini, diharapkan menjadi awal bagi anak-anak untuk mencoba mempratikkan cara berkomunikasi yang baik. Komunikasi yang tersampaikan dengan baik tanpa harus menyinggung orang lain,” tukasnyal. (Bi/Hum)