Unit Publikasi Ilmiah (UPI) UM Metro Gelar Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah

Unit Publikasi Ilmiah (UPI) UM Metro Gelar Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah

UM Metro – Unit Publikasi Ilmiah (UPI) Universitas Muhammadiyah Metro menggelar acara Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah (Academik Writing) via Zoom Meeting bagi mahasiswa UM metro tahun angkatan 2016-2019. Aula Gd. Humas dan Internasional, Selasa (02/02/2021).

Dalam sambutannya, Swaditya Rizki, M.Sc., Kepala UPI UM Metro menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh UPI UM Metro dengan tujuan untuk mensosialisasikan berbagai hal terkait dengan penulisan karya ilmiah mahasiswa, seperti makalah, tugas akhir, skripsi maupun tesis.

“Karya tulis akademik atau karya ilmiah (Academic writing) adalah karya nonfiksi yang dihasilkan sebagai bagian dari karya akademik. Tulisan yang melaporkan penelitian universitas, tulisan yang dihasilkan oleh mahasiswa, dan tulisan dimana para sarjana menganalisis budaya atau mengusulkan teori baru, semuanya itu digambarkan sebagai tulisan akademis,” ungkapnya.

“Namun dalam penulisan karya ilmiah kita juga harus mengetahui langkah-langkahnya, seperti bagaimana mencari sumber referensi baik dari buku ataupun jurnal ilmiah online yang sudah terakreditasi, selain itu tulisan atau karya ilmiah juga harus bebas dari plagiarisme,” imbuh Swaditya Rizki.

Dalam kesempatan yang sama Rektor UM Metro Drs. Jazim Ahmad, M.Pd., menyebut bahwa kegiatan yang diadakan oleh UPI ini dinilai sebagai upaya peningkatan kualitas karya ilmiah mahasiswa.

“UPI adalah unit kerja di UM Metro yang salah satu fungsinya adalah mengoreksi plagiarisme, maka untuk upaya peningkatan kualitas hasil karya mahasiswa yang berupa artikel ilmiah, skripsi maupun tesis saat ini UPI mengadakan sosialisasi melalui webinar kepada mahasiswa UM Metro, semoga ke depan karya-karya ilmiah mahasiswa tersebut kualitasnya semakin baik dan dapat dipertanggungjawabkan, sehingga memberi dampak positif terkait dengan akreditasi kelembagaan program studinya,” ungkap Rektor UM Metro sebelum secara resmi membuka acara tersebut.

Terkait kebijakan publikasi atau Penulisan Karya Ilmiah, Wakil Rektor I Bidang Akademik UM Metro Dr. Agus Sujarwanta, M.Pd., menyebut bahwa pemerintah melalui berbagai kebijakan telah mendorong perguruan tinggi untuk meningkatkan publikasi ilmiah.

“Sejak tahun 2012 pemerintah sudah mengeluarkan edaran keseluruh perguruan tinggi di Indonesia yang isinya memuat tiga hal yakni yang pertama untuk lulus program sarjana maka harus menghasilkan makalah yang siap terbit di Jurnal Ilmiah, kemudian untuk lulus program magister telah atau harus menghasilkan makalah yang terbit di Jurnal Ilmiah Nasional yang telah terakreditasi Dikti sedangkan untuk program doktor telah menghasilkan makalah yang diterima untuk terbit pda Jurnal Internasional, jadi sejak saat itu alumni-alumni perguruan tinggi sudah mempubikasikan karya ilmiah sebelum mereka lulus,” jelasnya.

Perlu diketahui, dalam pelatihan Penulisan Karya Ilmiah tersebut UPI UM Metro menghadirkan tiga narasumber yakni Dr. Agus Sujarwanta, M.Pd., yang menyampaikan materi terkait Kebijakan Penulisan Karya Ilmiah, Swaditya Rizki, M.Sc., narasumber kedua memaparkan materi terkait pedoman penulisan karya Ilmiah dan Tata Cara Mencari Referensi Pada Jurnal Online Nasional Terakreditasi dan Internasional Terindex DOAJ, SCOPUS, dan THOMSON. Sementara Wardhani Utami Dewi, narasumber ke tiga memaparkan materi terkait Similarity Check. Barnas/Humas