Siapkan Mahasiswa Berkemajuan, Pendidikan Matematika Gelar Workshop ICT

UM Metro — Dalam perkembangan IPTEK yang begitu pesat, maka salah satu media yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran saat ini adalah media pembelajaran yang berbasis ICT (Information and Communications Technology). Dalam hal ini, Program Studi Pendidikan Matematika cukup tanggap akan pentingnya media tersebut bagi seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UM Metro. Sehingganya Prodi Pendidikan Matematika menggelar, “Workshop E-Learning dan Pembelajaran Berbasisis ICT,” di Aula gedung C, sabtu, 04 Maret 2017 kemaren.

Dewasa ini telah banyak berkembang berbagai teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan dunia pendidikan, termasuk untuk menunjang pembelajaran matematika.

Peserta kegiatan Workshop E-Learning dan Pembelajaran Berbasisis ICT berjumlah 80 mahasiswa yang terdiri dari perwakilan setiap semester di Program Studi Matematika.

Kegiatan workshop E-Learning tersebut merupakan tindak lanjut workshop sebelumnya yang berfungsi menunjang kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika seperti yang di paparkan oleh Ketua Program Studi Matematika FKIP UM Metro.

“Ini adalah workshop lanjutan yang sudah dilaksanakannya sebelumnya, dengan tema Workshop E-Learning dan Pembelajaran Berbasisis ICT namun berfokus pada Desain Grafis dan Video Editing untuk pembelajaran,” terang Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UM Metro, Swaditya Rizki, M.Sc, saat dijumpai tim humas di Aula Gedung C, Sabtu (4/3).

“Harapannya hal ini dapat menambah kemampuan soft-skill mahasiswa supaya menjadi poin yang unggul setelah mereka lulus nanti,” imbuhnya.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa Pendikan Matematika FKIP UM Metro untuk pembuatan media pembelajaran, sehingga diharapkan hal ini dapat menjadi bekal mereka kedepannya,” tutur ketua Program Studi Pendidikan Matematika yang biasa disapa Pak Rizki oleh teman kerjanya itu.

“Workshop ini akan di agendakan setiap tahun bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika agar hasil yang diinginkan dapat tercapai dengan baik,” tutup Pak Rizki.

Sementara itu, pemateri workshop kegiatan tersebut yang juga merupakan tim ahli desain UM Metro, Beny Saputra,S.Pd. menuturkan bahwa peran aktif mahasiswa Pendidikan Matematika cukup baik mengingat kemampuan mereka terkait desain grafis masih sangat dasar, sehingga hal ini membutuhkan proses yang cukup lama.

“Proses pembelajaran desain grafis bagi mahasiswa Pendidikan Matematika, saya rasa cukup baik. Mengingat kemampuan mereka yang masih sangat dasar sekali dalam melakukan desain grafis tersebut. Saya pikir ini butuh proses yang memang agak lama agar hasil yang dicapai sesuai yang diharapkan,” papar tim ahli desain UM Metro, Beny Saputra,S.Pd., saat ditemui diruang humas UM Metro, senin (6/3).

“Namun jika dinilai capaian pelatihan pembelajaran desain grafis bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika, saya katakan cukup relatif tinggi untuk mereka yang masih tingkat dasar yaitu 30%,” kata Benten sapaan akrabnya di lingkungan UM Metro. (Al-Bayurie¦Hum)



Tinggalkan Balasan