UM Metro – Setelah diterpa berita gembira dari BAN-PT beberapa bulan lalu yang menobatkan akreditasi B bagi seluruh program studi Program Pascasarjana UM Metro, kini saatnya bagi PPS yang dipimpin oleh Dr. Agus Sutanto M.Si. ini untuk melangsungkan orientasi studi bagi mahasiswa baru, Sabtu (23/9/17).

Orientasi studi yang berlangsung selama dua hari ini diikuti oleh seratus mahasiswa baru yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat mulai dari pejabat kepolisian, dinas pemerintahan, kepala sekolah hingga fresh graduate.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari direktur PPs UM Metro, Dr. Agus Sutanto M.Si., orientasi studi ini secara umum terbagi kedalam dua bagian dimana bagian pertama mengacu pada sistem perkuliahan secara umum. Sedangkan bagian yang kedua adalah materikulasi.

Orientasi studi ini secara umum terbagi kedala dua tahap, tahap pertama mengenai sistem perkuliahan pada umumnya seperti sistem entry KRS dan yang bersifat keakademikan lainnya. Sedangkan tahap kedua merupakan materikulasi yang mengacu pada penyamaan persepsi bagi setiap mahasiswa baru,” terang Dr. Agus Sutanto, M.Si. yang juga sebagai dosen magister pendidikan Biologi ini.

Menurutnya hal tersebut merupakan suatu keharusan bagi setiap mahasiswa baru dikarenakan background pendidikan (baca: program studi Sarjana) mereka yang berbeda-beda.

Hal ini dilaksanakan tidak lain karena latar belakang pendidikan mereka yang berbeda. Kebanyakan dari mereka dari kalangan aparat, sehingga penyamaan persepsi ini merupakan suatu keharusan sebelum mereka berlabuh,” tambahnya.

Alumni Universitas Negeri Malang ini juga menuturkan, bagi kalangan masyarakat lainnya yang berminat untuk bergabung di Program Pascasarjana UM Metro di semester ini tidak perlu khawatir dikarenakan dua dari tiga program studi tersebut masih menerima mahasiswa baru.

Bagi elemen masyarakat yang hendak melanjutkan studinya di Program Pascasarjana UM Metro masih ada kesempatan untuk mendaftarkan diri hingga 14 Oktober 2017 mendatang. Tenggang waktu ini khusus untuk program studi Magister Pendidikan dan Magister Pendidikan Biologi,” tegasnya.

Selain masa tenggang yang diberikan oleh pihak PPs UM Metro, Dr. Agus Sutanto, M.Si. juga menyampaikan adanya penerimaan mahasiswa baru di setiap semester khusus untuk Program Studi Magister Pendidikan yang dikepalai oleh Dr. M. Ichsan Dacholfany, M.Ed. Calon mahasiswa baru dapat mendaftarkan diri melalui panitia penerimaan Pascasarjana UM Metro yang berada di Kampus III. (Al-Bayurie¦Hum)

Tinggalkan Balasan