Unit Pelakasana Teknik Program Pengalaman Lapangan (UPT PPL) menggelar kegiatan pelepasan mahasiswa program pengalaman lapangan (PPL) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UM Metro (7/7). Kegiatan yang menggunakan program Terpadu Tematik ini berbeda dengan program PPL sebelumnya yang tidak menggunakan Tematik. Kegiatan yang resmi dibuka oleh rektor UM Metro ini menjadi titik awal bagi mahasiswa untuk berkiprah dan berperan serta aktif dalam kancah dunia pendidikan dengan melakukan praktek tidak hanya mengajar di sekolah tetapi juga berinteraksi dengan masyarakat dengan menitikberatkan pada Nilai-nilai Keislaman dan Kemuhammadiyahan.

Foto Universitas Muhammadiyah Metro.

Kegiatan Pelepasan mahasiswa ini diikuti oleh 438 mahasiswa FKIP yang terdiri dari 7 program studi meliputi, Prodi Bimbingan Konseling, Pend. Ekonomi, Pend. Sejarah, Pend. Matematika, Pend. Biologi, Pend. Fisika, Pend. Bahasa Inggris ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselelenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). 

Program yang bertujuan membelajarkan mahasiswa calon guru di lapangan ini dilaksanakan di Aula Gedung E Lantai Atas. Tak lupa dalam sambutannya, Rektor UM Metro, Prof.Dr.H. Karwono, M.Pd., memberi wejangan kepada para calon guru agar menggunakan segala kemampuan baik akademik dan non akademik, yang mencakup beberapa kompetensi sebagai seorang guru agar saat pelaksanaan PPLT Tematik ini dapat sukses, baik disekolah maupun di masyarakat. 

Foto Universitas Muhammadiyah Metro.

" Kemampuan sebagai seorang guru harus diutamakan, serta dapat bersosialisasi dengan masyarakat dalam hal keagamaan dan kemuhamadiyahan" Tegas Rektor dalam hal ini.

Dalam hal ini, secara resmi Rektor UM Metro melepas 438 mahasiswa calon guru, program PPLT Tematik, ke Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Ir. Ria Andari, M.Pd, yang juga ikut menyematkan tanda peserta PPLT Tematik sebagai tanda peserta sudah resmi melaksanakan kegiatan tersebut di sekolah yang sudah dipilih sebagai mitar PPLT Tematik.

Foto Universitas Muhammadiyah Metro.

Diakhir acara tersebut pun tak lupa, seluruh mahasiswa membacakan Ikrar PPLT Tematik, yang dipimpin oleh perwakilan mahasiswa PPLT Tematik Tahun 2017. Secara bersemangat mahasiswa calon guru ini melafadzkan ikrar tersebut. 

Foto Universitas Muhammadiyah Metro.

(benten | Hum)

Tinggalkan Balasan