UM Metro – Hari ini merupakan pertemuan kedua bagi mahasiswa baru dalam mengenal dan memahami dunia kampus khususnya di lingkungan UM Metro sendiri. Kegiatan yang bertajuk MASTAMA ini memang hanya berlangsung selama dua hari sebagaimana yang diungkapkan oleh panitia, namun hasil yang dicapai sangat signifikan.

Hal tersebut dapat ditinjau dari ekspresi kebanyakan mahasiswa baru yang menganggukkan kepala saat memperoleh pemaparan dari sejumlah pemateri yang telah disiapkan oleh panitia.

Kian Amboro, M.Pd. yang mendapatkan amanah sebagai sekretaris kegiatan melaporkan kepada tim humas bahwa kegiatan pengenalan atau masa ta’aruf mahasiswa yang dikemas dengan kata MASTAMA di hari ini kedua ini terbagi ke dalam empat bagian.

“Di hari kedua ini mahasiswa baru UM Metro akan dibekali pengetahuan tentang pendidikan secara umum termasuk cara belajar Perguruan Tinggi yang akan disampaikan oleh wakil Dekan bidang Akademik di masing-masing Fakultas,”  terang Kian Amboro, M.Pd. yang juga dosen Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Setelah mendapat pengetahuan mengenai pendidikan secara umum, Kepala Bagian Akademik Rektorat ini menambahkan bahwa mahasiswa baru tersebut juga akan dibekali pengetahuan tekait organisasi dan kemahasiswaan yang ada di lingkungan UM Metro yang dipaparkan langsung oleh pengendalinya yakni wakil dekan bidang kemahasiswaan.

“Universitas Muhammadiyah merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki tali organisasi yang khas dan kuat. Sedikit berbeda dengan perguruan tinggi pada umumnya, jika mereka terkenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebagai roda utama gerakan mahasiswa maka di Universitas Muhammadiyah sendiri kata-kata BEM nyaris tidak terdengar di telinga dikarenakan BEM disini merupakan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Makanya tahapan ketiga materi dalam MASTAMA di hari kedua ini kami limpahkan kepada UKM IMM untuk membahas ke-IMM-an,” tegasnya.

Sebagai wujud memaksimalkan pengetahuan mahasiswa baru dalam memahami UM Metro secara mendalam, Kian Amboro,M.Pd. menyampaikan bahwa setiap Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada, diminta untuk memperkenalkan langsung ranah gerakan yang dapat menunjang kreativitas setiap mahasiswa baru UM Metro ini nantinya.

Setelah ditutup secara resmi oleh dekan fakultas masing-masing, kegiatan MASTAMA UM Metro tahun akademik 2017/2018 ini diharapkan dapat memudahkan setiap mahasiswa baru dalam memulai perkuliahan yang akan berlangsung pada Senin, 11 September 2017 mendatang. (Al-Bayurie¦Hum)

Tinggalkan Balasan