UM Metro ­– Direktur Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Metro, Dr. Agus Sutanto, M.Si. jalin silahturahmi dengan pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA di Kotabumi, Lampung Utara, Rabu (22/11/17).

Silahturahmi yang dijalin oleh Dr. Agus Sutanto, M.Si. yang didampingi oleh salah seorang staff Humas UM Metro ini bertujuan untuk mengenalkan Program Pascasarjana UM Metro kepada segenap Kepala Sekolah dan Guru Mata Pelajaran di Kotabumi, Lampung Utara yang berminat untuk melanjutkan studi magisternya di UM Metro.

Ada beberapa keunggulan Program Pascasarjana UM Metro yang tidak dimiliki oleh kampus-kampus lain. Sebagaimana yang dituturkan oleh Dr. Agus Sutanto, M.Si. saat melangsungkan pertemuannya dengan ketua dan wakil pengurus MKKS SMA Kotabumi, Bapak Junaedi dan Bapak Haryadi.

Kampus kami punya tiga program studi Pascasarjana, yang pertama Magister Manajemen, Magister Manajemen Pendidikan khusus kami tawarkan untuk kepala sekolah dan pengawas dan yang terakhir yakni Magister Pendidikan Biologi. Ketiga Prodi yang saya sebutkan tadi sudah terakreditasi B semua,” tutur Dr. Agus Sutanto, M.Si. kepada segenap kepala sekolah yang sedang melangsungkan Expo Seni di SMA Negeri 3 Kotabumi, Lampung Utara, Rabu (22/11/17).

Untuk biaya, lanjutnya, kami berani bersaing. Hanya enam juta setengah persemesternya dan kuliahnya hanya pada hari sabtu dari pagi sampe sore. Kami sudah berkomitmen, tidak ada biaya-biaya tambahan lain kecuali biaya field-trip dan yudisium.

“Selain itu, kami juga menawarkan 15 plus satu. Kalo Bapak/ Ibu bisa ngumpulin 15 orang untuk kuliah di tempat kami, satu orang bisa kuliah gratis dari awal sampe selesai,” kata Dr. Agus Sutanto, M.Si.

Atas penjelasan yang dikemukakan oleh Dr. Agus Sutanto, M.Si. tersebut, beberapa kepala sekolah dan guru yang ikut hadir, menimpali bahwa biaya perkuliahan yang ditawarkan, relatif murah bagi mereka terlebih kuliahnya di hari sabtu.

Wah menarik banget itu pak. Biayanya sangat murah, kuliahnya juga hari sabtu, nggak akan ganggu guru dan kepala sekolah yang mau belajar disana,” terang Bu Mike, M.Pd. selaku kepala sekolah SMA Negeri 3 Kotabumi.

Masih dengan bu Mike, M.Pd., apalagi di tempat kami khususnya guru-guru muda masih S1 rata-rata, belum ada yang S2. Jadi cocok banget ini pak. Akreditasinya udah pada B lagi.

Program Studi Magister Pendidikan Biologi ini kayaknya cuma ada di tempat Bapak ya di Lampung. Sekelas Unila aja belum ada loh Pak. Kemaren teman saya nyari juga belum ada. Nanti saya diskusikan sama dia (tentang) ini,” tambahnya.

Sementara salah seorang guru Bahasa Inggris, Bu Yulianti, ikut mengomentari bahwa ia pribadi sangat tertarik untuk mengambil manajemen pendidikan di Program Pascasarjana UM Metro.

Saya tertarik untuk ngambil manajemen pendidikannya pak. Kemaren sempet cerita sama temen, dia juga ngajakin untuk lanjut di tempat Bapak untuk Magister Manajemen Pendidikan ini,” ujarnya.

Selain mempromosikan Progam Pascasarjana, Dr. Agus Sutanto, M.Si. juga menawarkan program pengabdian yang ia geluti bersama rekannya. Ia menjelaskan, program pengabdian yang ia tawarkan berupa bimbingan dalam menyusun PTK.

Kami juga menawarkan program pengabdian kami kepada Bapak/ Ibu untuk penulisan KTI. Nanti Bapak/ Ibu kami berikan penjelasan pertama, selebihnya Bapak/ Ibu kirimkan KTI-nya kepada kami via online. Nanti akan kami koreksi dan kami siap memberikan sertifikat bimbingan KTI selama 36 jam untuk menambah angka kredit Bapak/ Ibu,”  tukas Dr. Agus Sutanto, M.Si.

Ini semua gratis. Bapak/ Ibu siapkan aja temen-temennya dimana, masalah keberangkatan kami biar kami yang mengatur semuanya. Bapak/ Ibu nggak usah mikirin. Sertifikat yang akan kami sediakan nanti ada dua. Yang pertama untuk pertemuan pertama dan yang kedua setelah selesai bimbingan,” lanjutnya.

Mendengar penawaran yang diajukan oleh Dr. Agus Sutanto, M.Si. ini, ketua MKKS SMA Kotabumi, Bapak Junaedi langsung menanggapi bahwa mereka akan mengadakan temu kepala sekolah SMA se-Kotabumi di bulan Januari sehingganya mereka minta kehadiran Dr. Agus Sutanto, M.Si. di acara tersebut.

Kami sangat mengapresiasi tawaran Bapak tersebut. Insya Allah bulan januari kami akan mengadakan temu kepala sekolah SMA se-Kotabumi. Kami sangat berharap kehadiran Bapak disana untuk memaparkan apa yang Bapak tawarkan tadi kepada seluruh Kepala Sekolah disana,” ungkap Bapak Junaedi.

Bapak Junaedi dan wakilnya bahkan berharap ada kerjasama antara MKKS SMA Kotabumi dengan UM Metro.

Kami berharap ada MoU antara MKKS dengan pihak UM Metro. Sebenarnya dalam waktu dekat ini kami akan mengadakan penilaian untuk kepala sekolah dan guru mata pelajaran terbaik di Kotabumi. Dengan adanya MoU antara kita, kami bisa mengundang Bapak untuk menjadi juri dalam acara tersebut,” tukasnya.

Selain menjalin silahturahmi dengan pengurus MKKS SMA Kotabumi, Dr. Agus Sutanto, M.Si. juga turut menjalin silahturahmi dengan ketua pengurus MKKS SMK Kotabumi, Bapak Zaenal, M.Pd., ketua pengurus MGMP Biologi, Bapak Nurul Huda, M.Pd. dan wakil ketua STKIP Muhammadiyah PGRI Bapak Bardawi, M.Pd. (Al-Bayurie¦Hum)

Tinggalkan Balasan