Dosen PBI Terapkan Pembelajaran Grammar dengan Gaya TOEFL
- 24 Oktober 2017
- Posted by: Humas UM Metro
- Category: Uncategorized @id
UM Metro – Proses belajar mengajar salah satu dosen di program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Amirudin Latif, M.Pd. terapkan gaya Test of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing) pada mata kuliah Grammar di semester 5, Selasa (24/10/17).
Sebagaimana yang diketahui kebanyakan orang, salah satu skill dalam pembelajaran bahasa inggris yang tak pernah luput dalam soal TOEFL adalah grammar. Hal inilah barangkali yang kemudian memotivasi kepala prodi PBI FKIP UM Metro ini untuk menerapkan sistem pembelajaran grammar dengan gaya TOEFL tersebut.
Sistem pembelajaran yang beliau terapkan ini cukup menarik perhatian para mahasiswa, pasalnya mereka tidak hanya belajar teori semata namun jauh lebih dalam yaknik teknik jitu dalam menjawab soal grammar.
Masing-masing mahasiswa disuguhkan dengan berbagai jenis soal grammar yang berstandar TOEFL, kemudian mereka diajak diskusi terkait cara menjawabnya mulai dengan memahami konteks soalnya hingga rumus atau patokan cara singkat menjawab soal tersebut.
Tak sedikit mahasiswa yang antusias dalam mencoba untuk menjawab satu demi satu soal grammar yang berstandar TOEFL tersebut. Terlebih lagi sebelum mereka menjawabnya, dosen alumni Universitas Negeri Malang tersebut menjelaskan kepada mahasiswa konteks grammar yang sedang mereka pelajari termasuk penjelasan cara menjawabnya.
Dalam perspektif mayoritas mahasiswa, pembelajaran seperti ini jauh lebih mudah dimengerti dibanding mempelajari rumusan grammar per-bab atau per-materi. Hal ini sejalan dengan keinginan hampir setiap mahasiswa yang menurut mereka bisa memudahkan dalam menjawab soal-soal TOEFL di masa yang akan datang.
Sementara Mr. Amir panggilan akrab mahasiswa PBI ini menerangkan bahwa gaya pembelajaran demikian sengaja ia terapkan guna memberikan wawasan yang lebih luas terkait pemahaman grammar mereka. Dimana menurutnya mahasiswa akan belajar setiap aspek grammar yang biasa termuat dalam soal TOEFL.
“Dengan cara ini, mahasiswa juga akan mempelajari materi grammar yang belum mereka ketahui serta membantu mereka mengulas pembelajaran-pembelajaran yang sudah mereka pahami sebelumnya,” tandasnya. (Al-Bayurie¦Hum)
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.