UM Metro – Tak terasa pekan sejarah yang dihelat Himas UM Metro kini sudah berada di puncak acara. Semarakkan penutupan acara tersebut, Himas UM Metro gelar seminar nasional yang berlangsung di aula gedung C. UM Metro, sabtu (6/5/17).

Acara yang mengangkat tema “Revitalisasi Nilai-Nilai Kearifan Budaya Lampung dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara” ini dinarasumberi oleh seorang budayawan Lampung sekaligus penggiat pariwisata di Lampung Bapak Ir. Anshori Djausal, M.T.

Menurut informasi yang dilansir dari sekretaris Himas UM Metro Fadhilah Syahiadah, seminar nasional ini bertujuan untuk mengangkat dan melestarikan kearifan lokal Lampung yang sudah banyak ditinggalkan atau bahkan ada yang belum mengetahuinya.

“Nilai-nilai Kearifan Budaya Lampung memang tidak berdiri sendiri-sendiri, dan setiap kebudayaan pasti dipengaruhi oleh budaya lain,” tutur Fadhilah melalui media sosial kepada tim Himas UM Metro, sabtu (6/5/17).

“Kita harus paham terlebih dahulu apa arti dari nilai-nilai budaya Lampung tersebut, karna apa yang dianggap benar dan baik pada masa lalu belum tentu relevan saat ini. Begitupun sebaliknya masih banyak nilai-nilai yang sampai saat ini memang masih sangat relevan hanya beberapa memang mengalami pergeresan saja,” tegas Fadhilah.

Sedangkan Ir. Anshori Djausal, M.T. berpendapat bahwa sejarah semestinya harus di-crosscheck terlebih dahulu sebelum direvitalisasi mengingat sejarah yang ada kadang tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

“Sebelum merevitalisasi,  sebaiknya kita mempelajari dan menalaah terlebih dahulu nilai-nilai itu karena tidak semua masih relevan digunakan pada masa kini. Meskipun begitu tetap nilai-nilai ini menjadi penting” ujar pemateri Ir. Anshori Djausal, M.T.

Tidak cukup demikian, HIMAS UM Metro juga melanjutkan kegiatan penutupan pekan sejarah ini dengan menggelar seminar motivasi  yang mengangkat tema “Menuju Pribadi Gemilang, Ukir Sejarah Hidupmu” yang diisi oleh seorang motivator wanita, seorang penggerak Rumah Sinar sekaligus guru SMAN4 Kota Metro, Pinuji Rahayu, S.Pd.

Acara yang diisi dengan dua seminar sekaligus ini dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi para  pemenang lomba yang telah diselenggarakan sebelumnya yakni Olimpiade dan Artikel Sejarah, yang telah dilaksanakan pada 2 Mei 2017 lalu.

1. Olimpiade

  • Juara 1 diraih oleh MAYUDA IFFAT FADILAH dari SMA N 1 Ambarawa
  • Juara 2 diraih oleh KHOIRUN NISA dari MA Ma’arif NU 5 Sekampung
  • Juara 3 diraih oleh WAHYUDI dari SMA N 1 Ambarawa

2. Artikel

  • juara 1 diraih oleh AGUS SETYAWAN dari SMA N 1 Sekampung
  • Juara 2 diraih oleh RIZKI FAJAR PURNAMA dari SMA Muhammadiyah 1 Purbolinggo
  • Juara 3 diraih oleh FINA DWI ALFIANI dari SMA Muhammadiyah 1 Purbolinggo.

 “Semoga siswa/siswi ini dapat terus berkarya, terus semangat belajar, belajar masa lalu untuk masa kini dan masa yang akan datang, serta mengikuti kegiatan Pekan Sejarah 2018 tahun depan” ungkap Ukar Noviansyah Ketua HIMAS UM Metro.

“satu pesan hari ini, dengan belajar sejarah, bukan berarti kita ingin kembali masa lalu dan jangan pernah puas dengan masa lalu, teruslah bergerak menuju kearah yang lebih baik,” pungkasnya.

Penulis : Fadhilah Syahidah

(Al-Bayurie¦Hum)

Tinggalkan Balasan