Tingkatkan Mutu Kinerja, LPM UM Metro Adakan Workshop SOP

Metro – Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UM Metro menyelenggarakan Workshop Pembuatan SOP (Standard Operating Procedure) dengan tema “Kerjakan apa yang ditulis,  Tulis apa yang dikerjakan” dalam rangka meningkatkan kualitas kerja seluruh Jurusan/Prodi/Unit  di UM Metro. (Rabu, 08/02).

Kegiatan workshop ini dimulai dengan sambutan ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Universitas Muhammadiyah Metro Dr.Nyoto Suseno,M.Si. untuk memberikan laporan kegiatan Workshop Pembuatan SOP untuk seluruh jurusan/prodi/unit yang dihadiri oleh 48 peserta. Beliau menuturkan dalam sambutannya bahwa kegiatan workshop ini adalah tindak lanjut dari Workshop Pengisian Borang yang berlangsung pada bulan januari lalu.

Beliau menambahkan bahwa tujuan kegiatan worskshop ini adalah untuk menyamakan format SOP yang sudah dibuat oleh masing-masing jurusan/prodi/unit dan masing-masing jurusan/prodi/unit akan diberikan waktu 2 pekan untuk membuat 3 SOP yang harus disetorkan kepada LPM UM Metro.

Kegiatan workshop ini dibuka secara langsung oleh Rektor UM Metro  Prof.Dr.H.Karwono,M.Pd. Dalam sambutannya Rektor UM Metro menyampaikan bahwa untuk memaksimalkan kinerja masing-masing unit yang berada di UM Metro, SOP yang jelas adalah kuncinya.

Beliau menuturkan, “SOP yang standar adalah SOP yang bisa terukur dengan menggunakan rumus ABCD (Audience, Behaviour, Competency, Degree) sehingga kedepannya pelayanan dan kinerja seluruh jurusan/prodi/unit di UM Metro dapat berjalan dengan maksimal”.

“Workshop Pembuatan SOP ini dibuat sebagai upaya untuk meningkatkan kembali akreditasi Program Studi yang telah ada,” tegas beliau.

Tidak hanya itu, Prof.Dr.H.Karwono,M.Pd., menerangkan bahwa dalam waktu dekat ini UM Metro yang merupakan salah satu dari 4 Perguruan Tinggi Muhmammadiyah yang terakreditasi “B” oleh Ban-PT di pulau Sumatera akan dipanggil oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah ke Kota Palembang Sumatera Selatan untuk mendapatkan pengarahan dalam rangka mempersiapkan Perguruan Tinggi Muhammadiyah untuk memperoleh Akreditasi “A”.  

Beliau menutup sambutannya dengan menyarankan kepada seluruh jurusan/prodi/unit agar setelah mendapat pengarahan dari LPM UM Metro, masing-masing dapat mengumpulkan anggotanya dalam pembuatan SOP bersama-sama yang dimonitoring langsung oleh ketua LPM UM Metro Dr.Nyoto Suseno,M.Si.

Pelaksanaan Kegiatan ini berlangsung selama satu hari penuh dengan diisi oleh 3 materi diantaranya: 1) Format dan Substansi dalam Penyusunan SOP yang di sampaikan langsung oleh ketua LPM UM Metro Dr.Nyoto Suseno,M.Si., 2) Penjelasan Makna dan Bentuk-Bentuk Shapes (Bahasa Simbol) dalam Pembuatan Flowchart / Bagan Alir SOP yang di sampaikan oleh Dra.Suhartini, 3) Instalasi dan Penggunaan Software-Visio dalam Pembuatan Bagan Alir SOP yang di sampaikan oleh Retno Fajarwati,M.Pd.

Kegiatan Workshop pembuatan SOP ini disambut dengan penuh antusias oleh peserta workshop dan ditutup dengan foto bersama antara panitia dan peserta workshop. (Al-Bayurie ¦ Hum)

 

Tinggalkan Balasan