UM Metro – Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Terpadu-Tematik (PPLT-T) Universitas Muhammadiyah Metro menggelar sosialisasi  “GenRe” bertempat di SMA Muhammadiyah 02 Metro, Selasa, 04 September 2018.

“Dengan menukil sebuah tema tentang Pendewasan Usia Perkawinan (Pup) dan Stop Pernikahan Dini, diharapkan para siswa dapat mencegah adanya pernikahan dini dan memikirkan akan akibat dari adanya pernikahan dini tersebut, serta mereka mampu menentukan pendewasaan dalam perkawinanan  yang tepat,” terang Eva Setianingsih kepada Medium News dalam rilisnya pada Selasa, 25 September 2018.

Menurutnya, acara yang diselenggarakan oleh 8 mahasiswa UM Metro ini disemarakkan dengan kehadiran 63 siswa, Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Barkah Salim M.Pd dan Ibu Siti Nurlaila M. Ps.I., Kepala Sekolah Hari Ardianto S.Pd dan Waka Kurikulum  Lifi Endar Wahono S.Pd.I serta dewan guru di lingkungan SMA Muhammadiyah 02 Metro.

“Dengan guesta star Nindi Ika Wulandari, beliau merupakan duta Genre favorite 2018 di UM Metro dan juara 1 duta genre se-Kota Metro sekaligus 10 besar duta Genre se-Lampung. Dan M. Dendi Alfarizi yang merupakan juara 1 genre Kota Metro jalur pendidikan. Antusias dari peserta didik SMA Muhammadiyah 02 Metro sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan ini,” jelasnya.

Sementara itu, kepala sekolah SMA Muhammadiyah 02 Metro yang turut hadir, menilai sosialisasi ini sangat efektif bagi siswa di sekolah yang ia pimpin, di mana menurutnya tidak sedikit peserta didik yang melakukan kenakalan remaja akibat minimnya pengetahuan mereka akan dampak negatif dari perbuatan yang kian marak tersebut.

“Kami sangat senang dengan adanya kegiatan Genre ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 02 Metro, di mana  tema yang diambil sangat sesuai,  karena pada dasarnya peserta didik zaman sekarang banyak yang melakukan kenakalan remaja yang mengakibatkan terjadinya pernikahan dini, diharapkan setelah adanya sosialisasi ini peserta didik tidak hanya meninggalkan kenakalan remaja tetapi juga bisa melakukan waktu luang dengan hal-hal yang lebih positif dan lebih mengedepankan pendidikan,” kata Hari Ardianto S.Pd.

Siti Maimunah, yang merupakan peserta didik kelas XI ikut menanggapi akan kesan yang ia rasakan terhadap sosialisasi yang ditenggarai oleh mahasiswa UM Metro ini.

“Acara ini sangat seru banget apalagi antusias dari teman-teman serta adik-adik sangat tinggi dan banyak yang menantikan kolaborasi antara kak Nindi dan kak Dendi yang sudah berprestasi dalam bidang Genre, sehingga dapat  memberikan pengetahuan tentang bahaya pernikahan dini yang menurut saya sangat penting guna menghadapi masa  depan yang lebih baik, tukasnya.

Penulis : Eva Setianingsih (Mahasiswa Pendidikan Sejarah)
Editor : Al-Bayurie¦Hum

Tinggalkan Balasan