UM Metro – Ririn Ade Wijayanti, duta Universitas Muhamamdiyah Metro yang bertanding di Kopertis Wilayah 2, berhasil rebut juara ketiga dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tahun 2018 yang berlangsung di Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada Rabu, 11 April 2018.

Seperti diketahui, Mahasiswi cantik yang sedang menimba ilmu di Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ini bukan kali pertama mengikuti ajang Kompetisi tersebut, tahun lalu ia berhasil menduduki juara harapan kedua.

Kendati demikian, hal tersebut tidak mengurangi semangat mahasiswi 20 tahun ini sama sekali, judul makalah yang ia angkat yakni “Pengembangan Teknologi Ex-Vitro dalam Budidaya Tanaman Lada untuk Mengembalikan Kejayaan Lampung Tempo Dulu” kali ini berhasil menghantarkan dirinya untuk berada di tiga besar.

Kepada tim Pusat Media Humas, saat melakukan wawancara via medsos, Kamis (12/4/18), Ririn Ade Wijayanti mengemukakan bahwa dirinya bangga atas hasil yang telah ia raih tersebut. Belum lagi menurutnya, beasiswa dari dua yayasan yang berhasil ia dapatkan untuk pertukaran pelajar ke negeri Paman Syam serta tunjangan pendidikan program magister ke luar negeri mampu membuat dewan juri terpukau, padahal saat ini dirinya masih duduk di semester enam.

“Perasaan Ririn sangat senang, karena dari awal interview dengan juri di bagian prestasi, Ririn disambut dengan pujian dan kekaguman beliau dengan Ririn, karena saya mendapat beasiswa 2 yayasan sekaligus yaitu yayasan Hamada dan Aminef dalam program student exchange ke USA dan tunjangan pendidikan S2 ke luar negeri,” ujar Ririn sapaan akrabnya.

Mahasiswi bimbingan Swaditya Rizki, M.Sc. ini juga mengungkapkan kesan dirinya selama mengikuti ajang pemilihan Mawapres yang bertempat di gedung Kopertis Wilayah 2 tersebut. Menurutnya, ada nilai lebih atas makalah yang ia angkat dibandingkan dengan kontestan lainnya.

“Kesan yang paling mengenang selama mengikuti lomba adalah semua panitia dan para juri dari awal sudah memiliki good impress (kesan yang baik) dengan Ririn, karena Ririn adalah satu-satunya peserta yang membawa produk hasil penelitian berupa bibit lada,” katanya.

“Kemudian kesan lain yang paling Ririn ingat adalah pada saat presentasi karya tulis ilmiah, ketiga juri speechless (tak bisa berkata-kata) karena saya adalah peserta dengan presentasi yang full-English, mereka heran karena saya tidak pernah kursus bahasa inggris, tapi speech-nya bagus,” sambungnya.

Yang tak kalah menarik, Ririn tidak hanya dinobatkan sebagai mahasiswa pemenang ketiga, namun dirinya juga mendapatkan tawaran untuk bekerja di Kopertis Wilayah 2 oleh Koordinatornya secara langsung, Prof. Slamet Widodo.

“Selain itu diakhir presentasi dan pada saat pengumuman pemenang bapak Prof. Slamet Widodo langsung ingin merekrut saya bekerja di Kopertis Wilayah 2 setelah lulus nanti,  dan hanya saya saja yang ditawari dan mendapat kesempatan tersebut,” tukasnya.

Hal ini juga dibenarkan oleh Staff Humas UM Metro yang ikut menghantarkan Ririn mengikuti Pemilihan Mawapres disana, Trio Suseno, S.Tp.

“Saat sambutannya, ketua kopertis bilang, kalo Ririn bisa lulus pada tahun 2019, dan mau mendaftar sebagai PNS di sini (Kopertis Wilayah 2 – Palembang),  positif saya terima,” ujarnya mengulangi pernyataan Prof. Slamet Widodo.

Dengan masuknya Ririn Ade Wijayanti dalam tiga besar Pemilihan Mawapres tingkat Kopertis Wilayah 2 ini, maka dalam waktu dekat ini dirinya akan mengikuti lomba di tingkat nasional. Saat ditanya persiapan apa saja yang akan ia lakukan, dirinya mengaku akan memperbaiki KTI-nya, kemampuan komunikasinya serta mempersiapkan produk bibit lada yang ia angkat.

“Persiapan sejauh ini adalah memperbaiki karya tulis ilmiah, kemudian melatih speech, serta persiapan produk berupa bibit lada, karena produk tersebut bisa menambah ketertarikan juri serta menambah nilai tambah kekuatan karya tulis ilmiah,” pungkasnya. (AL-Bayurie¦Hum)

Tinggalkan Balasan