UM Metro – Kelompok mahasiswa PPLT-Tematik UM Metro yang ditempatikan di SMA Negeri 1 Pekalongan giatkan program penanaman 40 pohon buah di desa Kalibening, Minggu (3/9/17).

Program penanaman 40 pohon buah ini ikut melibatkan salah satu dosen UM Metro, Siti Nurlaila, S.Psi., M.Psi. selaku dosen pembimbing lapangan mereka. Sebagaimana rilis mereka melalui media elektronik kepada Humas dan HI UM Metro kemaren, Minggu (1/9/17).

Ada 40 pohon buah seperti Alpukat, kelengkeng, jambu jamaika, mangga, jambu kristal” ujar ketua pelaksana penanaman pohon di Desa Kalibening.

Menurutnya, langkah yang diambil oleh kelompok mahasiswa PPLT-Tematik ini merupakan tindakan yang dirasa perlu untuk memberikan kesadaran bagi masyarakat setempat terhadap pelestarian lingkungan menuju Kalibening Hijau.

Tim Barnas yang terlibat ikut menerangkan bahwa kepedulian masyarakat Kalibening sangat diperlukan untuk kelestarian lingkungan. Hal tersebut diharapkan selain bermanfaat untuk penghijauan, pohon buah yang ditanam tersebut juga dapat bernilai ekonomis, karena pohon buah yang mereka tanam mampu menghasilkan buah yang bernilai jual tinggi di pasaran apalagi hal tersebut masih jarang sekali dilakoni oleh masyarakat setempat.

Harapan kami pohon buah yang kami tanam dapat menjadi bermanfaat baik dari segi lingkungan dan ekonomi warga Kalibening,” kata Barnas.

Penanaman yang bertujuan mengurangi pencemaran udara dengan banyaknya pohon buah ini dinaksir akan mengurangi pencemaran udara di sekitar lingkungan Kalibening, sehingga menjadikan lingkungan Kalibening yang sehat dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Tanaman buah terebut dapat menghasilkan buah yang memiliki banyak vitamin dimana buah yang bervitamin dapat menjadi salah satu konsumsi warga yang baik bagi kesehatan tubuh,” tutup Barnas. (Al-Bayurie¦Hum)

Tinggalkan Balasan