Kota Metro — Program Studi S1 Manajemen (Fakultas Ekonomi) dan Program Studi Ilmu Hukum (Fakultas Hukum), menjadi program studi favorit yang dipilih pendaftar calon mahasiswa UM Metro. 

Pada tes seleksi Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Gelombang I yang dilaksanakan 20 Juni 2016 lalu, Fakultas Ekonomi (FE) adalah fakultas dengan jumlah pendaftar terbanyak (287 pendaftar), disusul Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan 219 pendaftar, Fakultas Hukum (FH) dengan 108 pendaftar, Fakultas Teknik (FT) dengan 102 pendaftar, Fakultas Agama Islam (FAI) dengan 29 pendaftar, dan Progam Diploma-III Manajemen Informatika Komputer. Untuk program studi dengan pendaftar terbanyak di Gelombang I ditempati oleh program studi S1 Manajemen dengan 173 pendaftar dan Ilmu Hukum dengan 108 pendaftar.

Wakil Rektor I UM Metro, Dr. Muhfahroyin, M.TA. yang ditemui usai memberikan pengarahan panitia pengawas tes (18/06) membenarkan tren yang tiap tahun meningkat untuk calon pendaftar di kedua program studi tersebut. "Perluasan informasi ke masyarakat mengenai program studi yang diselenggarakan UM Metro terus menerus kami lakukan secara berkelanjutan, usaha meningkatkan kualitas pun selalu kami nomor satukan untuk setiap program studi, tetapi selalu ada faktor dari luar seperti perkembangan situasi politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang turut menentukan arah tren pendaftar, faktor dari luar ini yang dirasa menjadi alasan di tahun ini pendaftar memfavoritkan Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum." 

Rektor UM Metro, Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd., dalam kesempatan yang sama juga menambahkan "angka pendaftar ini diperkirakan akan terus merangkak naik di Gelombang II dan III, harapan kami tentunya terjadi sebaran yang merata di setiap fakultas, karena setiap fakultas dan program studi yang kami selenggarakan semuanya berkualitas ini terbukti institusi kami memperoleh Akreditasi B dari BAN-PT, tetapi sekali lagi kita tidak bisa memaksakan keinginan calon pendaftar untuk memilih di program studi mana ia akan melanjutkan, fokus yang lebih penting adalah memberikan layanan pendidikan yang berkualitas dan terbaik bagi masyarakat."

Sampai dengan Jum'at 01 Juli 2016, pendaftar Calon Mahasiswa Baru Gelombang II, masih didominasi oleh program studi S1 Manajemen dan Ilmu Hukum. Hal ini tentunya berdampak pada tingkat keketatan masuk yang tinggi di program studi tersebut. Widi Wikanto (01/07) salah satu staf Bagian Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru mengemukakan "setiap calon pendaftar yang memilih program studi Manajemen dan Ilmu Hukum di Gelombang II, kami berikan informasi tambahan bahwa tingkat keketatan seleksi di dua program studi ini sangat tinggi, sehingga kami pesankan bahwa setiap calon pendaftar yang ingin lulus tes di dua program studi ini, harus punya persiapan yang lebih dibanding program studi yang lainnya."

Irawan (29/06) salah satu calon mahasiswa pendaftar di Gelombang II, mengemukakan "saya sempat kecewa ketika membaca pengumuman kelulusan calon mahasiswa baru Gelombang I UM Metro (25/06) dan ternyata nama saya tidak ada, berarti saya tidak lulus. Tapi saya ingin sekali bisa kuliah di UM Metro, makanya sekarang saya coba lagi untuk daftar di Gelombang II dan berharap lulus tes di kesempatan kedua", ujar calon mahasiswa baru yang untuk kedua kalinya mendaftar di program studi Manajemen ini.

"Sesungguhnya kesempatan pendidikan harus terbuka luas bagi masyarakat, mengingat UM Metro adalah PTS yang juga didirikan oleh masyarakat, tapi tingkat keketatan yang tinggi di beberapa program studi, ditambah dengan terbatasnya kuota calon mahasiswa yang kita miliki dan bisa diterima, tidak memungkinkan kita untuk menerima seluruh calon pendaftar, oleh karena itu ada seleksi" ungkap Ratmono, yang merupakan salah satu Dosen di Fakultas Ekonomi yang juga di tahun ini menjadi Ketua Panitia Penerimaan Calon Mahasiswa Baru (Penmaru).

Untuk saat ini UM Metro masih memberikan kesempatan dan membuka pendaftaran Calon Mahasiswa Baru di Gelombang II sampai dengan tanggal 20 Juli 2016, dan pelaksanaan tes 21 Juli (Reguler), 23 Juli (Kelas B/Konversi), serta pengumuman hasil tes 25 Juli (Reguler) dan 26 Juli (Kelas B/Konversi).

(kian amboro)

Tinggalkan Balasan