UM Metro – SBMPTM atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah merupakan seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang diinisiasi oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Pelaksanaannya dilandasi semangat kebersamaan untuk membesarkan PTM. Tujuan dari kegiatan ini agar PTM mendapatkan input yang baik sekaligus lulusan yang berkualitas sehingga dapat berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan citra baik Persyarikatan Muhammadiyah, Jakarta, 27 Mei 2018.

SBMPTM akan dilaksanakan serentak di 12 (dua belas) PTM yang tersebar di seluruh Indonesia menggunakan Computer Based Test (CBT) dengan dua jenis tes yaitu Tes Kemampuan Akademik (Tekad) dan Materi Mata Pelajaran (Biologi, Kimia, FIsika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris). PTM yang akan melaksanakannya antara lain, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah (UM) Jakarta, UM Makassar, UM Malang, UM Palembang, UM Prof. Dr. Hamka, UM Purwokerto, UM Semarang, UM Sumatera Utara, UM Surabaya, UM Surakarta, dan UM Yogyakarta. Pada periode ini Program Studi yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa adalah Pendidikan Dokter dan akan diperluas untuk program studi program studi lain di periode berikutnya.

Keunggulan sistem pendaftaran online SBMPTM memudahkan calon mahasiswa memilih PTM tujuannya. Calon mahasiswa cukup mendaftar melalui portal online sbmptm.id dan melakukan pembayaran melalui transfer via Bank Syariah Mandiri terdekat. Sehingga pada pelaksanaannya, diharapkan lebih fleksibel dan efisien karena lintas wilayah. Dengan biaya pendaftaran Rp. 750.000,- peserta mempunyai kesempatan memilih 3 (tiga) program studi Pendidikan Dokter pada PTM yang berbeda dan mengikuti ujian di lokasi terdekat.

Launching SBMPTM akan dilaksanakan di Kantor PP Muhammadiyah, Jl. Menteng Raya No.62 pada tanggal 27 Mei 2018 oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. dan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Dr. H. Haedar Nashir, M.Si. Selain itu, akan hadir juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P; Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof. H. Lincolin Arsyad, M. Sc., Ph. D.; Ketua Panitia Pusat SBMPTM, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P.; dan Direktur Bank Syariah Mandiri, serta Pimpinan PTM dari seluruh Indonesia.

Pendaftaran SBMPTMsecara resmi akan dibuka pada 28 Mei 2018 hingga 14 Juli 2018. Calon peserta harus memenuhi syarat antara lain, lulusan SMA/MA jurusan IPA tahun 2016, 2017, atau 2018. Bagi peserta lulusan paket Paket C maksimal usia 21 tahun. Selain itu, calon peserta dalam keadaan sehat dan tidak buta warna. Selanjutnya, pelaksanaan ujiannya direncanakan pada Ahad, 22 Juli 2018. Pengumuman peserta yang lolos seleksi akan diumumkan pada Jumat, 27 Juli 2018. Peserta yang lolos tahap ini akan mengikuti tes tahap selanjutnya di PTM tujuan masing-masing.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi sekretariat panitia pusat di Kampus Terpadu UMY Lantai Dasar Gd. AR Fakhrudin Unit A, Telp (0274) 387656 ext 199 atau Whatsapp +62817 1718 1912.

Jadwal Pelaksanaan SBMPTM 2018

No

Tanggal

Kegiatan

1

Senin, 28 Mei 2018 s.d. Sabtu, 14 Juli 2018

Pendaftaran SBMPTM

2

Ahad, 22 Juli 2018

Pelaksanaan Tes SBMPTM

3

Jumat, 27 Juli 2018

Pengumuman Hasil SBMPTM melalui pengumuman Resmi (SK Panitia)

4

Jumat, 27 Juli 2018

Peserta yang Lolos sudah dapat mengunduh Bukti Lolos SBMPTM

5

30 Juli 2018 s.d. 4 Agustus 2018

Pelaksanaan Seleksi Tahap 2

 

 

Tinggalkan Balasan