UM Metro – Ratusan calon mahasiswa baru padati setiap sudut UM Metro guna mengikuti program pembekalan masa ta’aruf mahasiswa (MASTAMA) tahun akademik 2017/2018 yang ditampung empat gedung UM Metro, Sabtu (26/8/17).

Calon mahasiswa baru UM Metro ini tersebar di dua lokasi yakni kampus I dan kampus II UM Metro. Beberapa dosen yang turut memfasilitasi mahasiswa baru UM Metro ini  memberikan kisah-kisah yang inspiratif dimana mereka nantinya akan dituntut untuk aktif.

Sebagaimana yang disampaikan oleh salah satu dosen Fakultas Hukum, Moh. Sofwan Taufiq, S.H.I,. M.Si. dalam pernyataannya saat memberikan ceramah didepan mahasiswa baru Program Studi Ilmu Hukum, Sabtu (26/8/17).

“Mahasiswa yang baik harus aktif bukan hanya berangkat ke kampus, apalagi nanti mandek di tengah jalan. Ingatlah perjuangan orang tua kalian yang hendak melihat anaknya menyandang gelar sarjana. Oleh karena itu peganglah erat-erat amanah tersebut,” tegas Sofwan.

Kendati demikian, muka polos mahasiswa baru ini terlihat dengan sangat jelas ketika mereka mengikuti alur pembicaraan sang dosen di tambah lagi adanya pendampingan oleh senior mereka yang tergabung dalam Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK IMM) di masing-masing fakultas.

Bahkan beberapa dari mereka yang ditunjuk untuk maju ke depan dalam rangka pemilihan ketua regu, melangkah dengan malu-malu. Senyum mereka yang seakan menuturkan hal namun tak mampu dipahami adalah tabiat manusia ketika berada ditempat asing yang mereka belum kenal, terlebih lagi teman yang berada disamping kiri dan kanan mereka.

Pembekalan ini merupakan pengenalan kampus tahap awal kepada mahasiswa baru setelah mereka dinyatakan lulus dalam tes penerimaan mahasiswa baru dengan tujuan memberikan pengarahan terkait hal-hal yang perlu disiapkan selama mengikuti masa ta’aruf (perkenalan) mahasiswa baru yang sebenarnya yakni pada 06-07 September 2017 mendatang.

Menurut informasi yang dikutip dari penyampaian dosen pembimbing, mahasiswa baru diwajibkan membawa Al-Qur’an, Al-Ma’tsurah, Mukena (bagi Immawati), HPT (Himpunan Putusan Tarjih), Buku Tulis (Alat Tulis) selama berlangsungnya program MASTAMA, dengan setelan seragam untuk Immawan/Laki-Laki, Kemeja Lengan Panjang, Celana Dasar Panjang (Hitam), Sepatu Kulit (Hitam), Kaos Kaki (Putih), Dasi Panjang (Hitam), Kopiah Polos (Hitam) dan Ikat Pinggang (Hitam).

Sedangkan seragam (Uniform) untuk Immawati/Perempuan adalah Kemeja Lengan Panjang, Rok Dasar Panjang (Hitam), Jilbab Lebar Menutupi Dada (Hitam), Sepatu Kulit (Hitam), dan Kaos Kaki (Putih).

Koordinator bidang acara, Yasmika Baihaqi, M.Pd. Bi. menuturkan bahwa kemeja yang akan dikenakan oleh mahasiswa baru tersebut terbagi kedalam dua jenis. “MASTAMA tahun ini akan berlangsung selama dua hari, sehingganya mahasiswa baru UM Metro wajib mengenakan dua jenis kemeja lengan panjang yakni di hari pertama atau pada tanggal 06 September 2017 dengan kemeja lengan panjang berwarna putih dan pada hari berikutnya dengan kemeja lengan panjang warna merah,” tandas Yasmika Baihaqi, yang juga menjabat sebagai kepala UPT Laboratorium Bahasa UM Metro.

Selain itu, menurutnya hal yang juga perlu disiapkan oleh mahasiswa baru adalah Papan Nama dari kertas karton berwarna putih dengan ukuran panjang (21 cm) dan lebar (15 cm) yang tertulis didalamnya nama, fakultas dan kelompok. (Al-Bayurie¦Hum)

Tinggalkan Balasan