UM Metro – Sebelas mahasiswa yang mewakili UM Metro dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Muhammadiyah untuk Negeri periode ke-4 kini mulai menuai hasil atas program yang mereka ditawarkan kepada masyarakat setempat, Senin (14/8/17).

Sebagaimana dikutip dari pemaparan salah seorang dari mereka bahwa delegasi peserta KKN Muhammadiyah untuk Negeri ini membawa dua program unggulan yang bersifat menunjang usaha para petani agar mereka mampu memandang lurus kedepan dengan perbekalan ringan namun jitu. Kedua program tersebut adalah budidaya jamur jerami dan racun rumput herbisida.

Setelah tahap demi tahap dilalui, persiapan bahan hingga fermentasi, akhirnya salah satu program tersebut kini mulai membuahkan hasil. Harco Gemeli Putra yang mendapat kelompok ke-240 mensimulasikan racun rumput herbisida yang ia gagas bersama masyarakat Desa Talang Balai Lama Sumatera Selatan. Berikut cerita Harco selengkapnya:

"Saya mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro Lampung sedang mengikuti KKN Muhammadiyah untuk Negeri periode ke-4 di Provinsi Sumatera Selatan Kab. Ogan Ilir yang di ikuti Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia.

Saya dapat di kelompok 240 Kec. Tanjung Raja Desa Talang Balai Lama dengan membawa produk unggulan asal Lampung Kota Metro yaitu budidaya jamur jerami dan juga obat semprot racun herbisida.

Alhamdulilah salah satu program unggulan Mahasiswa UM Metro yaitu obat racun rumput herbisida sudah di praktekan bersama warga yang disaksikan oleh bapak kepala desa karena sangat di butuhkan di desa talang balai lama yang mayoritas pekerjaan petani sayuran dan kebun. Seminggu yang lalu saya sudah mensosialisasikan nya dan praktek pembuatan setelah itu di endapkan selama seminggu.

Catatan Jangan berpikir apa yang kita dapat di desa tapi berpikirlah apa yang bisa kita berikan yang terbaik untuk masyarakat dan bisa menggerakkan warga untuk meningkat sumber daya manusianya. Semoga bermanfaat apa yang kita berikan. Billahi Fii Sabililhaq Fastabiqul khoirot."

Simak video simulasinya disini. (Al-Bayurie¦Hum)

Tinggalkan Balasan