UM Metro – Ingin wujudkan sikap nasionalisme di hari kemerdekaan, tim PPLT-Tematik UM Metro di SMP Negeri 4 Metro gelar kegiatan upacara dan lomba di sekolah SMP N 4 Metro dan di desa Yosodadi lebih tepatnya di RW 05/RT 12, Rabu (17/08/2017) beberapa bulan lalu.

Wayan Sidik Puriase melaporkan dalam rilisnya, Sabtu (7/10/17), bahwa ada hal yang berbeda saat mereka menjalani upacara yang berlangsung di SMP N 4 Metro ini. Pasalnya upacara peringatan hari kemerdekaan yang biasanya dilakoni oleh siswa diambil alih oleh dewan guru.

Kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan upacara bendera yang tidak biasanya. Kebayang gak sih gimana serunya kalau guru jadi petugas upacara? Yups di SMP N 4 Metro seluruh petugasnya adalah guru,” tuturnya.

Menurutnya meski yang melaksanakan upacara tersebut adalah dewan guru, namun hasilnya tidak kalah menarik dengan apa yang ditampilkan oleh siswa pada umumnya meski terlihat sedikit kaku.

“Tapi jangan salah, mereka lebih keren dari siswa walaupun kaku-kaku lucu. Upacara bendera dimulai pukul 08.00, kemudian acara dilanjutkan dengan lomba kebersihan kelas,” tandas Wayan.

Selain mengelar upacara bendera, mahasiswa PPLT-Tematik ini juga diminta pihak sekolah untuk menjadi dewan juri dalam beberapa ajang lomba kelas.

Kami anggota PPLT-Tematik UM Metro di SMP N 4 Metro menjadi juri/penilai dari lomba kebersihan kelas tersebut dan beberapa lomba lain, lomba tarik tambang, lomba makan kerupuk, lomba balap kelereng, lomba memasukan paku dalam botol, lomba paduan suara dan lomba senam UKS,” terangnya.

Dalam kegiatan lomba tersebut kami membantu panitia dalam pelaksanaanya. Selain itu kami juga mengadakan kegiatan karnaval sekaligus perayaan ulang tahun SMP N 4 Metro yang ke42,” tambahnya lagi.

Sementara itu, tim PPLT-Tematik UM Metro yang mendapat amanah untuk ikut serta dalam membangun masyarakat yang berkemajuan di desa Yosodadi RW05/RT12 juga menggelar beberapa lomba guna menyambung keakraban sesama masyarakat.

Kami juga menggelar lomba di masyarakat desa Yosodadi RW05/RT12 diantaranya lomba mewarnai, lomba balap karung pakai helm, lombo balap kelereng, lomba pecah balon, lomba memasukan paku kedalam botol, lomba adzan, lomba hafalan surat pendek,” jelasnya.

Balab karung sambil jongkok pakai helm ini jagoannya. Panjat pinang mah lewat. Kebayangkan anak-anak kecil yang mirip angry bird ikutan lomba? Lucu abis, serius. Lomba dilanjutkan dengan acara senam dan jalan sehat.Perayaan HUT RI diakhiri dengan acara pembagian hadiah di malam puncak, yang mana dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh masyarakan Desa Yosodadi RW05/RT12,” sambungnya lagi.

Wayan juga mengungkapkan harapannya akan asas manfaat lomba tersebut agar dapat menambah kecintaan mereka terhadap bangsa.

“Kami selaku tim PPLT-Tematik Univesitas Muhammadiyah Metro berharap dengan diadakannya lomba dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia di SMP Negeri 4 Metro dan di Desa Yosodadi RW05/RT12 dapat menambah pemahaman mereka akan arti kemerdekaan dan suka cita di dalamnya,” tutupnya. (Al-Bayurie¦Hum)

Tinggalkan Balasan