Foto Universitas Muhammadiyah Metro.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini merupakan suatu hal yang tak dapat dibendung lagi. Hal ini didorong oleh publikasi yang begitu pesat dalam masyarakat, baik melalui media cetak maupun media elektronik. Seiring dengan kemajuan tersebut, tuntutan akan sumber daya manusia yang berkualitas menjadi semakin nyata dan jelas. Tujuan ini dapat dicapai dengan jalan, salah satunya adalah peningkatan mutu pendidikan.

Permasalahan tersebut diatas, menjadikan assosiasi mahasiswa pendidikan biologi universitas muhammadiyah metro, dibentuk selain untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa pendidikan biologi juga bergerak dalam proses mencerdaskan umat dan mencerdasakan generasi bangsa. Karena,  Generasi muda yang menjadi salah satu penentu keberadaan bangsa Indonesia di masa yang akan datang dituntut untuk lebih peduli dan peka terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Khususnya dengan cara peningkatkan penguasaan, pemahaman dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk mencapai itu semua Assosiasi Mahasiswa Pendidikan Biologi (AMPIBI) Universitas Muhammadiyah Metro  mengadakan agenda berupa BioExpo 1 Se-Lampung Asosiasi Mahasiswa Pendidikan Biologi (AMPIBI) Universitas Muhammadiyah Metro Tahun 2017 yang diselenggarakan pada hari Minggu, 2 April 2017 bertempat di Aula C UM Metro dan lapangan gedung B UM Metro.

Acara BioExpo 1 dibuka secara resmi oleh Bapak Agil Lepiyanto, M.Pd selaku Ka.Jur Pendidikan MIPA UM Metro. Dalam pidatonya saat pembukaan BioExpo 1,beliau menyampaikan bahwasannya menyimpan harapan besar atas terselenggaranya acara BioExpo 1 ini, untuk menyaring bibit-bibit baru yang berkualitas, yang dapat menjadi sasaran bagi UM Metro khususnya Prodi Pendidikan Biologi, untuk mencapai akreditasi pada Prodi Pendidikan Biologi menjadi A. Serta, harapannya setelah para peserta mengenal UM Metro, maka kita dapat sukses bersama UM Metro. Acara tersebut dihadiri oleh 9 sekolah yang berpartisipasi dalam agenda BioExpo 1 diantaranya : SMAN 1 Way Jepara, SMAN 1 Seputih Banyak, SMAN 1 Seputih Raman, SMAN 1 Batanghari, SMAN 1 Punggur, SMA Muhammadiyah 1 Metro, SMK Muhammadiyah 3 Metro, MA Ma’arif 9 Kotagajah, dan MA Ma’arif Nu 5 Sekampung. Total peserta yang berpartisipasi adalah 66 siswa dari 9 sekolah tersebut. Guru pendamping dari masing-masing sekolahpun ikut menghadiri rangkaian acara BioExpo 1. Alumni dan Demisioner AMPIBI UM Metro pun ikut menghadiri acara tersebut, diantaranya Syahid Mujiburrohman, S.Pd, Paksi Renaldi, S.Pd, dan Asnawatun Sholiha, S.Pd. Dosen Pendidikan Biologi UM Metro, Ibu Kartrika Sari, M.Bts ikut berpartisipasi sebagai juri dalam perlombaan Majalah Dinding Sains dan Teknologi, ditemani oleh Bapak Beny Saputra,S.Pd.

Foto Universitas Muhammadiyah Metro.Foto Universitas Muhammadiyah Metro.

Foto Universitas Muhammadiyah Metro.Foto Universitas Muhammadiyah Metro.

Serangkaian acara yang diagendakan dalam BioExpo 1 diantaranya beberapa cabang perlombaan seperti Olimpiade Biologi, Lomba Majalah Dinding Sains dan Teknologi, Lomba Kreasi Daur Ulang Sampah, Lomba Fotografi, dan Lomba Akustik. Acara berlangsung dengan lancar dan meriah. Sejak pukul 07.00 WIB s/d 16.00 WIB, yang akhirnya di penghujung acara diumumkan para pemenang lomba diantaranya :

Lomba Olimpiade Biologi :

Juara I : Pandu Galang Pangsetu (SMAN 1 Way Jepara)

Juara II : Rezha Wahyu Pratama (SMAN 1 Way Jepara)

Juara III : Afifatul Latifah (MA Ma’arif NU 5 Sekampung)

Lomba MaDing SainTek :

Juara I : SMAN 1 Seputih Banyak

Juara II : SMAN 1 Seputih Banyak

Juara III : SMAN 1 Batanghari

Lomba Kreasi Daur Ulang Sampah :

Juara I : SMAN 1 Batanghari

Juara II : SMA Muhammadiyah 1 Metro

Juara III : SMAN 1 Punggur

Lomba Fotografi :

Juara I : Romli (SMAN 1 Batanghari)

Juara II : Rezi Indah Safitri (SMAN 1 Seputih Raman)

Juara III : Daffa Ardika Anggun (SMA Muhammadiyah 1 Metro)

Lomba Akustik :

Juara I : SMAN 1 Batanghari

Juara II : SMK Muhammadiyah 3 Metro

Foto Universitas Muhammadiyah Metro.Foto Universitas Muhammadiyah Metro.Foto Universitas Muhammadiyah Metro.

            Selamat kepada para juara, semoga apa yang didapatkan dari acara BioExpo 1 ini dapat bermanfaat, baik penghargaaan berupa uang pembinaan, piala, dan sertifika, serta ilmu dan pengalaman. Semoga dapat berpartisipasi kembali dalam rangkaian agenda yang selanjutnya BioExpo 2. Aamiin.. Salam Lestari, Salam Konservasi! AMPIBI JAYA!!!

Tinggalkan Balasan